Pidato Bahasa Indonesia Hadirin Yang Terhormat,

Hadirin Yang Terhormat,

Teknologi kini sudah menjadi dari kehidupan kita sehari-hari, teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional.sedangkan pengertian teknologi sendiri adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan sesuatu. Misalnya dengan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menciptakan mesin atau perangkat untuk membuat hal-hal agar suatu pekerjaan mudah untuk dilakukan.

Teknologi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita seperti yang bias kita lihat sekarang kini beberapa contoh teknologi dalam kehidupan kita dalam kehidupan rumah tangga ada ampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor gas, kipas angin, pemotong rumput. Dalam teknologi produksi ada mesin traktor, mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, mesin pemotong kayu. Dalam teknologi transportasi yaitumotor, kereta api, mobil, kapal laut dan pesawat terbang. Dan pada teknologi komunikasi ada radio, televisi, telepon dan internet.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan, sehingga lahirlah istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya media Internet. Teknologi internet telah merubah cara orang berkomunikasi.

Email, merupakan kunci utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan hanya mempunyai satu alamat email, kita dapat mengikuti berbagai model komunikasi yang ada di Internet. Beberapa model komunikasi itu, diantaranya :

Forum

Milis/Group

Situs jejaring sosial

Blog

Situs sharing file

E-learning menggunakan teleconference

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitas.

Beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sector perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

Teknologi dapat memberikan efek positif dalam kehidupan kita sehari hari seperti  tehnologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien ,  tehnologi dapat menaikkan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia),

A.Dampak Positif

Tidak bisa dipungkiri jika anak tidak bisa jauh dari kemajuan teknologi terutama pada teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat. Dan ini dapat membuatanak mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk  menjalin  komunikasi  dengan jarak yang jauh.Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yangternyata banyak disukai oleh anak-anak. Dan hal ini secara tidak langsung sangatmenguntungkan untuk anak-anak karena sangat memberi pengaruh terhadap tingkatkreativitas anak.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif perkembangan TeknologiInformasi.

Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.

Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.

Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentinganbisnis.

Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.

Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.

Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja.

B.Dampak Negatif

Sisi negatif dari teknologi sekarang adalah mudahnya terhipnotis sehingga tidaksedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata. Karena teknologimemberikan banyak kemudahan, tidak sedikit anak-anak tidak sabar dalam menghadapikelambatan dan kesulitan. Dan hal ini juga menimpa pada anak-anak terutama padaanak usia 5 hingga 12 tahun.Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya. Anak

lebih memilih berdiam diri dengan kesibukan game online , browsing ,dll dan interaksilainnya dari pada bergaul dengan teman-teman nya yg lebih positif.

Sementara itu dampak negatif perkembangan Teknologi Informasi antara lain,

Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.

Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang sepertinarkoba dan produk black market atau ilegal.

Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksionline.\

Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.

Semua kebijakan atau suatu perkembangan pasti diikuti sisi positif dan negative,termasuk dalam perkembangan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita danhendaknya kita sendiri yang mewaspadai fenomena yang terjadi supaya bisameminimalisir sisi yang negatif.

Untuk menghindari semua dari dampak negative perkembangan tekonologi tersebut kita bias melakukan hal-hal seperti :

Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan.

Bermain Internet (Komputer atau yang berhubungan dengan Teknologi Informasi) dengan Bijak.

Lakukanlah Kegiatan yang lain, jangan hanya bermain di dunia maya. Kita juga punya kehidupan nyata yang harus dijalani.

Tidak mengeklik link yang tidak jelas atau link yang diperpendek yang bertujuan untuk menyembunyikan link aslinya (jika menurut anda link tersebut aman silahkan saja , tetapi jika menurut anda tidak aman jangan diklik).

Memblokir situs-situs yang dianggap mempunyai dampak buruk.

Mengurangi waktu bermain Internet atau Komputer.