Pidato Makhad “dan Sungguh Akan Kami Berikan Cobaan

Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa (kematian) dan buah-buahan. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: Inna lillaahi wa innaa ilaihi raajiuun Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al Baqarah 155-157)

Dalam ayat ini ada kalimat Wabasyir,

" "

kabar gembira disini adalah orang-orang yang menghadapi musibah dengan sabar.

Apa arti sabar?

Sabar menurut ayat di atas adalah orang yang jak ditimpa suatu musibah dia memahami bahwa semua milik Allah, dan akan kembali kepadaNya.

Pemahaman ini seringkali diucapkan dengan kata: Inna lillahi wa inna ilaihi rajium.

Karena itu, orang yang sabar juga akan memiliki dua keuntungan lainnya, yaitu:

Memperoleh pertolongan Allah SWT, dan

Allah menyertai dirinya

sampaikan bahwa sabar adalah salah satu ciri orang mukmin, bahkan nabi muhamad saw berkata bahwa sabar adalah cahaya. Firman yang mengatur tentang sabar itu sendiri adalah surat al-ahzab ayat 17 yang berbunyi Qulmandzalladzi yasimukum minallahi in araada bikum suuan aw araada bikam rahmatan walaa yajidawna humminndu nillahi waliyyawalaa nasiira. Ayat ini mempunyai arti yang intinya menjelaskan bahwa hanya allah yang memberi pertolongan atas segala musibah, yang memberikan rahmat pada umatnya, dan menjadi pelindung.

Melalui surat ini kita diajarkan untuk sabar menghadapi segala musibah allah, karena allah juga selalu memiliki hikmah dibalik itu semua, allah mempunyai rahmat yang juga diperuntukan bagi umatnya yang bersabar, serta allah akan senantiasa jadi pelindung. Lain halnya dengan orang munafik yang tidak mau bersabar dan selalu menyalahkan allah atas musibah yang dialaminya, serta kufur terhadap nikmat yang diberikan. Itulah contoh pidato bahasa arab singkat dan artinya yang bisa anda improvisasi sendiri agar lebih menarik dan mampu merangkul semua perhatian khalayak.

. .

. . : . . . . . . . . . .. . . : . . : . . . .

 

Arti dalam Bahasa Indonesia

 

. .

Hadharatul mukarromin walmohtaromin para ulama para kiai yang kami takdhimi. Para asatidz wal asatidzah yang kami toati dan kami takdzimi. Hadirin wal hadirot yang kami hormati. Setiap hari dan setiap malam terlena kita dalam keasikan dunia, sibuk kita dengan urusan isi perut, pakaian dan perhiasan. Terkadang sampai lupa bahwa hidup kita ada yang mengincar. Allah berfirman dalam surat annisa’ ayat 78 :

Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh. Hadirin rohemakumullah. Persoalan jadi orang kaya, menjadi pejabat tinggi negara, itu belum tentu, tapi soal mati itu pasti, siapa pun dia, dan setinggi apa pun jabatan yang dipikul. Oleh karena wajar-wajarlah kita berusaha jangan sampai melupakan tujuan hidup semula, yaitu mengapdikan diri kepada Allah kepada Allah swt. Boleh kita menjadi orang kaya, boleh kita menjadi pejabat tinggi negara, tetapi jangan lupa bersujud kepada Allah swt, dengan mendirikan shalat lima waktu, taatlah kepada guru dan orang tua, dan berbuat baiklah kepada sesama. Kalau demikian yang kita perbuat, maka berbahagialah kita hidup di dunia maupun di akhirat kelak, tetapi kalau sebaliknya yang kita lakukan, misalnya kita tidak mau mendirikan shalat, kepada guru dan orang tua tidak taat, di tengah kehidupan masyarakat hanya menjadi ulat, maka tunggulah kebinasaan kita dan tuanggulah kesengsaraan kita, ia di dunia apalagi di akhirat kelak, karena setiap perbuatan manusia pasti kembali pada dirinya sendiri, siapa yang menebar benih, dia juga yang akan menuai, siapa yang berbuat dhalim dia juga yang akan menanggung siksaan.

Barang siapa berbuat kebaikan maka itu untuk dirinya sendiri, dan barang siapa berbuat kejahatan maka juga berbahaya pada dirinya sendiri, dan tuhanmu tidak aniaya terhadap hambanya. Hadirin rohimakumullah, sungguh, bagi Allah yang benar tetaplah benar dan yang salah tetaplah salah. Itulah pengadilan yang tak kenal duit.

                Demikian apa yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.

 

Demikian Artikel tentang Contoh Pidato Bahasa Arab dan Artinya  semoga bermanfaat bagi semua akhirukalam wassalamualaikum wr wb ,