Pidato Resmi & Tidak Resmi

Pidato Resmi :

Peringatan ulang tahun KORPRI

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua, 

Segenap anggota KORPRI yang saya banggakan,

Hadirin yang saya muliakan,

Marilah kita bersama-sama, sekali lagi, memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang ke 37.

Atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-37, kepada segenap Keluarga Besar KORPRI di mana saja saudara bertugas dan berada. Semoga, KORPRI sebagai sebuah organisasi pegawai Republik Indonesia, tetap solid, profesional, dan terus maju dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Hadirin yang saya muliakan.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-37 KORPRI tahun ini, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, 80 tahun sumpah pemuda, 63 tahun Proklamasi kemerdekaan, dan 10 tahun reformasi. Oleh karena itu, peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI tahun ini, sangat tepat untuk dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan semangat pengabdian, etos kerja, dan pelayanan kepada masyarakat.

Perjalanan waktu selama tiga puluh tujuh tahun, bukanlah perjalanan waktu yang singkat. Sejak didirikan pada tanggal 29 November 1971, KORPRI sebagai organisasi tempat bernaung para Pegawai Negeri Sipil (PNS), telah menunjukkan komitmen, perjuangan, dan pengabdiannya yang tidak kenal lelah kepada cita-cita perjuangan Bangsa dan Negara.

Hadirin yang saya muliakan.

Hari ulang Tahun ke 37 KORPRI kali ini, mengangkat tema; Dengan Semangat Netralitas, KORPRI Ikut Mensukseskan Pemilihan Umum 2009. Tema ini, sangat tepat dan relevan dengan dinamika kehidupan bangsa saat ini. Melalui tema ini, seluruh anggota KORPRI diajak untuk tetap bersikap netral, sekaligus menjaga profesionalitasnya, dalam meng-hadapi Pemilu tahun depan. 

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, sikap netralitas anggota KORPRI harus diwujudkan dengan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, di atas kepentingan apapun. KORPRI harus memberikan pelayanan publik yang terbaik dan berkualitas kepada seluruh komponen bangsa, termasuk partai-partai politik peserta Pemilu. Netralitas anggota KORPRI, merupakan wujud komitmen nyata anggota KORPRI, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian hanya bagi kepentingan bangsa dan negara.

Semangat netralitas itu, pada prinsipnya juga merupakan bagian dari amanat reformasi. Kita semua ingin mengembalikan peran utama birokrasi sebagai komponen utama pengelola pemerintahan. Paradigma baru KORPRI yang profesional, netral, dan sejahtera, merupakan langkah yang sangat positif. Dengan sikap seperti itu, diharapkan birokrasi kita akan semakin profesional dalam mendukung pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. 

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyam-paikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota KORPRI, yang saat ini, sedang melaksanakan tugas dan pengabdian, baik di seluruh pelosok tanah air, maupun di manca negara. 

Semoga dalam mengemban tugas dan pengabdian itu, saudara-saudara senantiasa berada dalam bimbingan dan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Terima kasih. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pidato tidak resmi :

Pidato Perpisahan sekolah

Assalamualaikum wr . wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah. Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMA ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.
Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua.

Wassalamualaikum wr . wb

Leave a Reply