Pidato Dampak Internet

Pidato Dampak Internet

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sesuatu tentang manfaat internet.

Pada masa sekarang perkembangan internet terhadap IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sudah berkembang pesat. Seperti computer, pada masa lalu computer digunakan untuk alat menghitung saja. Tapi sekarang sudah disempurnakan menjadi alat yang canggih atau modern yang bisa mengakses seluruh global. Computer pada masa lalu alatnya hanya sederhana, tapi sekarang banyak ditambah dengan alat-alat yang canggih seperti memori pada masa lalu hanya 6Mb tapi sekarang bisa mencapai 512Mb, pada masa lalu tidak ada VGA tapi sekarang sudah ada bahkan ada yang mencapai 128 VGA, dan banyak alat yang lainnya.

Kesemua itu merupakan perkembangan zaman dimana antar negara saling bersaing untuk menjadi negara yang terkenal. Dan juga karena SDA (Sumber Daya Manusia) yang meningkat terus menerus. Lalu untuk mengakses dunia maya (internet) diperlukan alat untuk menyambungkannya yaitu Modem. Banyak sekali modem yang dijual, semakin mahal modem tersebut maka semakin cepat untuk mengakses internet. Tapi jika semakin murah modem tersebut maka semakin lambat untuk mengakses internet. Internet banyak sekali kegunaannya, seperti ingin mencari berita yang masih hangat maka tinggal hanya mengakses internet saja dengan ada situs-situs tertentu. Bukan hanya itu saja internet juga bisa mencari teman untuk mengobrol yang sering disebut orang bermain chatting, dan banyak lainnya yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Hanya dengan melihat sendiri maka orang tersebut bisa mengerti.
Hadirin yang saya hormati,dalam IPTEK internet menjadi kebutuhan sehari-harinya. Karena melalui internet maka orang bisa mengetahui ilmu pengetahuan yang kita tidak ketahui menjadi tahu.. Kemudian manfaat yang lainnya internet bagi IPTEK, yaitu mempelajari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang tugasnya membuat laporan-laporan lainnya.. Kalau kita hanya berpatokan dengan buku saja maka kita akan mengalami kesulitan dalam mencarinya.

Di tiap sekolah di Indonesia khususnya sekolah negeri, pemerintah sudah memasang computer di tiap sekolah plus internet. Agar siswa dan siswi Indonesia tidak menjadi bodoh dalam menggunakan computer dan internetnya. Tapi internet tidak selalu menguntungkan ada juga kerugiannya seperti adanya situs-situs yang tidak wajar untuk ditampilkan di depan public. Kesemua itu dilakukan oleh manusia hanya untuk mencari sensasi. Tapi manusia tidak tau apa yang akan terjadi jikalau anak-anak yang melihatnya. Mereka bisa terpengaruh dan juga bisa menirunya jika mereka suka. Internet tidak selalu menguntungkan ada juga sisi negativenya. Tapi kalau untuk mencari berita-berita atau informasi penting itu sangat berguna sekali

Hadirin yang berbahagia,sekarang kita tahu manfaat internet dalam perkembangan IPTEK, mencari semua ilmu yang kita tidak ketahui menjadi tahu. IPTEK tidak bisa berkembang jika tidak ada internet.

Hadirin yang saya hormati,Mudah-mudahan semua guru dan siswa yang ada di sekolah ini dapat diberikan tambahan pengetahuan yang baik dan berguna bagi kita semua.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua…

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

(karya; Faishal R)

Leave a Reply