Lomba Pidato Sd

Assalamualaikum Wr. Wb.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Yang terhormat, bapak, ibu dewan juri

Teman-teman peserta lomba pidato yang saya cintai

Sebelum saya menyampaikan pidato ini, marilah kita bersama bersyukur kepada Allah SWT atas karunia-Nya yang diberikan kepada kita.

Shalawat serta salam atas junjungan Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia mengikuti ajaran-Nya sampai akhir zaman.

Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan judul Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tidak terasa, saat ini kita telah memasuki bulan Rabbiul Awal, bulan dimana umat islam seluruh penjuru dunia merayakan hari kelahiran atau yang biasa disebut Maulid Nabi Muhammad SAW, yang tepatnya jatuh pada tanggal 12 Rabbiul Awal tahun 53 sebelum Hijrah. Di samping hari kelahiran Rasulullah, tanggal 12 Rabbiul Awal sebenarnya juga mempunyai sejarah lain yang juga patut diperingati oleh umat islam. Pada tanggal tersebut Rasulullah melakukan hijrahnya dari Mekkah ke Madinah. Pada tanggal tersebut juga, Rasulullah tutup usia untuk menghadap ke hadirat Allah SWT, tuhan yang mengutusnya.

Bapak ibu dewan juri yang saya hormati dan teman-teman peserta lomba yang saya cintai.

Perlu kita ketahui bersama bahwa, baginda Nabi Muhammad SAW dilahirkan di kota Mekkah dari seorang ibu yang bernama Aminah dan seorang ayah yang bernama Abdullah yang telah meninggal dunia sebelum kelahiran beliau. Nabi Muhammad SAW adalah termasuk rasul yang paling tinggi derajatnya, paling besar pengaruhnya, dan paling umum risalahnya. Sebelum Nabi Muhammad diutus, umat manusia berada pada masa Jahiliyah yang bodoh dan kesesatan yang buta, mereka bercerai dalam menyembah. Mereka menyembah batu, pohon, berhala dan mengalirkan darah, menodai kehormatan, merampas harta orang lain, meminta keputusan hukum kepada setan dan mereka menindas kaum miskin dan lemah. Umat manusia hidup dalam kegelapan yang pekat dan kebodohan yang mencekik, sampai Allah SWT mengumumkan diangkatnya Muhammad sebagai rasul. Maka Muhammad menjadi rahmad bagi seluruh alam semesta. Muhammad adalah memberi petunjuk dari kesesatan. Memberi pelita bagi kebutuhan, memberi kekayaan dari kemiskinan dan mengeluarkan umat manusia dari kegelapan menuju cahaya yang terang benerang.

Maha benar Allah ketika berfirman dalam surat al-jumat:

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Artinya :

Dialah (Allah) yang telah mengutus kaum yang buta huruf, seorang dari bangsanya, yang membacakan kepada mereka ayat-ayatNya, mensucikan mereka dari kemusyrikan dari akhlaq yang jelek, yang mengerjakan kepada mereka kitab dan ilmu hikmah, dan sesungguhnya mereka sebelumnya kedatangan rasul itu benar-benar berada dalam kesesatan yang nyata (QS, Al-Jumat, Ayat 2)

Dalam ayat di atas Allah menerangkan tugas pokok nabi Muhammad saw yaitu membacaan ayat-ayat allah, dan mebersihkan kaumnya dari kemusyrikkan, dan mengajarkan ilmu hikmah agar ucap dan perilaku manusia selalu benar.

Demikian pidato yang dapat kami sampaikan ada kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Billahi Taufiq Wal Hidayah Akhiru Kalam

Wassalam Mualaikum Wr. Wb.