Pidato Kedisiplinan

KEDISIPLINAN

Assalamualaikum Wr.Wb !!

Yang terhormat bapak ibu dewan juri,

Yang terhormat bapak/ibu guru,

Serta teman-teman yang saya sayangi,

Bismillahirahmanirahim, Puji syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjelaskan tentang salah satu budaya karakter bangsa yaitu disiplin. Kita sebagai mahkluk hidup di dunia ini tentu tidak akan lepas dari sebuah aturan-aturan dunia. Tetapi masih banyak di antara kita yang belum bisa bahkan belum banyak mengerti tentang disiplin. Nah, Oleh sebab itu saya akan mencoba untuk mengulas tentang disiplin.

Hadirin yang saya hormati, Disiplin adalah taat, patuh dan ikut terhadap peraturan yang ada, yang bertujuan untuk membuat semua hal yang kita lakukan menjadi teratur dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Seperti kita ketahui, kedisiplinan itu memegang peranan penting dalam setiap sisi kehidupan. Mulai dari lingkup terkecil, yaitu dalam kehidupan berkeluarga sampai ke lingkup terbesar, yaitu kehidupan berbangsa dan bernegara. Itulah sebabnya banyak sekolah-sekolah yang menerapkan kedisiplinan kepada semua warga sekolah, karena sekolah lah salah satu media yang bisa digunakan untuk mendidik karakter disiplin. Dari pihak sekolah, tujuan disiplin adalah untuk menjadikan kita sebagai remaja yang baik. Karena disiplin akan menghindarkan kita dari sifat-sifat yang tidak baik, salah satunya adalah semberono. Jika kita semberono tentu saja hidup kita tidak akan tertata dengan baik, hidup kita akan berantakan. Tentu tidak enak bukan? Kalau hidup kita tidak tertata dengan baik?

Hadirin yang berbahagia, mengapa sih kita perlu disiplin?. Disiplin diri akan terasa manfaatnya jika kita memiliki suatu impian dan cita-cita yang ingin dicapai. Kita harus melatih diri untuk mengerjakan hal-hal yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia ini dibuat peraturan-peraturan yang disertai hukuman yang setimpal. Hal ini tidak lain agar setiap manusia mau belajar hidup disiplin dan menaati aturan yang ada, sehingga dunia tidak kacau-balau dan seseorang tidak dapat bebuat sekehendak hatinya. Banyak sekali manfaat disiplin. Disiplin bisa menjadikan pribadi kita menjadi baik. Kebiasaan yang kita lakukan akan menntukan masa depan kita. Kebiasaan yang baik akan mengahasilkan sesuatu yang baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tidak mudah. Mengapa demikian?

1. Manusia memiliki sifat-sifat mendasar seperti :

Cenderung bermalas-malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan-peraturan yang ada.

2. Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan Kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri, jika kita mencintai apa yang kita kerjakan .

3. Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama.

Hadirin yang saya muliakan, kalai kita perhatikan, sudah banyak peraturan yang dibuat oleh pihak sekolah untuk menertibkan siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa kedisiplinan itu sangat diperlukan, tapi tampaknya menegakkan kedisiplinan bukan merupakan upaya yang mudah, Namun demikian, upaya menegakkan disiplin tetap harus dilakukan dan hal itu dapat dimulai dari diri kita sendiri sejak dini. Disiplin diri merupakan suatu kebiasaan yang kita lakukan secara berulang-ulang dan terus-menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan hal itu akan menjadi suatu kebiasaan yang yang mengarah pada tercapainya keunggulan. Keunggulan membuat kita memiliki kelebihan yang dapat kita gunakan untuk meraih tujuan hidup yang menentukan masa depan kita. Satu hal yang sangat penting, sebelum kita melakukan sesuatu terlebih dahulu tetapkanlah tujuan atau target dan tidak menunda sampai situasi sempurna. Akhir kata, semoga prilaku disiplin ini dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai.

Jadi, kesimpulannya disiplin sangat perlu kita terapkan. Dengan begitu kapanpun dan dimanapun kita berada, kita akan selalu menghargai waktu. Saya berharap semoga materi yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Robbalalamin.

Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya. Billahi Taufik walhidayah Wassalamualaikum Wr. Wb .