Pidato Indo Indonesia

PIDATO

Pidato fiera Riandini dalam acara pembukaan seminar Peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2013

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh, Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati dan saya cintai pemilik yayasan kanker Indonesia Ibu Sary Sukawati

serta para hadirin yang saya hormati dan saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita diberi kesempatan untuk dapat mengikuti acara Peringatan Hari Kanker Sedunia Tahun 2013 ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hari kanker sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 4 februari sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit kanker dan dampaknya serta pentingnya upaya pengendalian terhadap penyakit kanker ini. Seperti yang kita ketahui, kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga dapat merusak sel atau jaringan yang sehat dan penyakit kanker ini merupakan penyakit yang tidak menular. Pada era sekarang ini, penyakit kanker semakin mengemuka dibicarakan sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan kematian.

Setiap tahun 12 juta orang di dunia terserang penyakit kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Berdasarkan data, ada 13% kematian di dunia disebabkan oleh kanker. Dan bila tidak dilakukan pengendalian, maka populasi manusia di dunia akan semakin berkurang.

Maka dari itu guna menekan angka kematian dan kesakitan akibat kanker, saya berharap dukungan dari semua pihak, agar kematian akibat kanker dapat terus ditekan.

Peringatan Hari Kanker Sedunia ini merupakan kesempatan yang sangat penting untuk melihat masalah dan dampak dari penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui masalah kesehatan yang pastinya akan timbul serta menimbulkan dampak social dan ekonomi masyarakat. Karena pengobatan kanker dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Salah satu faktor penyebab kanker menurut mentri kesehatan yaitu gaya hidup yang tidak sehat dan upaya pencegahannya yaitu melalui perilaku CERDIK. C berarti Cek kesehatan secara berkala, E berarti Enyahkan asap rokok, R berarti Rajin berolah raga/beraktivitas fisik, D berarti Diet yang sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur dengan kalori seimbang, I berarti Istirahat yang cukup, K berarti Kelola stress dengan baik.

Untuk itu marilah kita sama-sama menekan dan mengendalikan penyakit kanker ini agar tidak terus menjangkit masyarakat, terutama di Indonesia dan marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan dan berpola hidup sehat agar tidak terkena penyakit kanker. mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga acara ini menginspirasi kita untuk lebih peduli terhadap ancaman kanker . Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan. Wassalammualaikum wr.wb