Pidato Tgs Tema : Lingkungan Afifah Dwi Septiana (02/xii Ipa

Tema : LingkunganAFIFAH DWI SEPTIANA (02/XII IPA 2)

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Ibu Murtinem selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya sayangi.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat tanpa suatu aral apapun. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini. Pada kesempatan pada pagi hari ini saya akan berpidato tentang pentingnya air.

Hadirin sekalian, seperti yang telah kita ketahui, 70% penyusun bumi adalah air. Tapi tahukah anda, hanya sekitar 0,003% yang bisa dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti minum, mencuci, dan sanitasi. Karena sisanya memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Dan  0,003% air bersih itu digunakan oleh seluruh negara di dunia, seluruh orang, dan seluruh makhluk hidup. Terdengar wajar jika ada negara yang hanya mendapatkan sedikit air bersih yang lalu berdampak pada kekeringan.

Sebagai contoh, negara-negara di kawasan Afrika adalah negara-negara yang sangat kesulitan air bersih, bahkan untuk mendapatkan air bersih saja mereka harus berjalan berkilo-kilometer jauhnya. Di Afrika, air sangat langka, jadi wajar jika mereka kesulitan air bersih. Itu merupakan contoh daerah yang kekurangan air, sedangkan salah satu sungai di Indonesia, negeri kita yang kaya akan perairan ini baru saja mendapat penghargaan sebagai Sungai Tercemar di Dunia yang diberikan kepada Sungai Citarum pada akhir Agustus 2010 oleh Huffingtonpost.com, itu berarti dibanding ribuan sungai tercemar yang ada di dunia, Citarum adalah yang terparah.

Inilah sebenarnya masalah-masalah tentang air bersih, bukan hanya kekeringan, tapi juga pencemaran. Kita ambil saja Citarum sebagai contoh. Ratusan pabrik banyak yang membuang limbahnya ke sungai. Secara ekonomis memang hal ini jauh lebih murah daripada mengolahnya terlebih dahulu. Tapi justru keekonomisan ini dapat berdampak sangat besar dan membutuhkan dana puluhan kali lipat dari penghematan yang dilakukan pabrik tersebut untuk memperbakinya. Selain ribuan orang masih membuang sampah ke sungai. Apa jadinya air yang sudah tercemar limbah dari pabrik tercemar juga limbah rumah tangga?

Pencemaran air juga sebenarnya bisa terjadi di sumur-sumur masyarakat. Banyak masyarakat di pemukiman padat membuat septic tank dekat dengan sumur mereka. Hal ini menyebabkan bakteri-bakteri seperti E. coli mencemari sumur masyarakat yang airnya digunakan untuk mancuci, kakus, atau bahkan untuk dikonsumsi.

Permasalahan air bersih ini sekilas terlihat tidak terlalu rumit jika kita berpikiran air bersih hanya dibutuhkan untuk kakus, mencuci, dan konsumsi. Tapi sebenarnya jika air yang kita gunkan tidak higienis, hal itu bisa berdampak pada hal lainnya. Misalnya,  jika air yang kita konsumsi tidak higienis, kita bisa terkena diare. Diare mungkin terlihat sepele, tapi diare yang fatal bisa menyebabkan kematian. Lalu jika kita menggunakan barang-barang, terutama alat makan yang dicuci oleh air yang sudah terkontaminasi limbah bukan tidak mungkin zat-zat beracun dari limbah mengotori alat makan kita. Dan jika kita menggunakannya tiap hari, itu sama saja kita menabung zat beracun dalam tubuh dan bisa menyebakan kanker. Jadi sebenarnya jika ingin memperbaiki tingkat kesehatan, perbaikilah kualitas air bersih.

Banyak hal dilakukan untuk memperoleh air bersih. Salah satunya adalah desalinasi atau penyulingan air laut menjadi air bersih yang dapat dikonsumsi. Beberapa negara seperti Inggris dan Arab Saudi menggunakan cara ini untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh air bersih yaitu dengn melakukan berbagai tindakan pencegahan terjadinya pencemaran air seperti tidak membuang sampah ke sungai, mengurangi intensitas limbah rumah tangga,melakukan pengolahan limbah pabrik, dan pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar

Setelah kita mengetahui dampak buruk yang dapat terjadi akibat penggunaan air yang tidak higienis alangkah baiknya jika kita ikut menyelamatkan air bersih. Jika kita menjaga air bersih, itu bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk generasi mendatang agar mereka dimasanya nanti tidak akan kesulitan air bersih.  

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat. Apabila ada salah kata saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

1

Incoming search terms:

  • contoh biantara ngenaan ipa
  • contoh pidato tentang ipa
  • pidato singkat tentang ipa
loading...