Pidato Kenegaraan Ketua Umum Km Fk Unand 2015 2016

PIDATO KENEGARAAN

KETUA UMUM KELUARGA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

2015 2016

M. ALIF QISTHI ABI RAFDHI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang telah memberikan kepada kita berbagai macam nikmat sehingga kita masih dapat merasakan indahnya hidup dengan segala hegemoni-Nya sampai saat ini. Tak lupa, shalawat serta salam selalu tercurah kepada baginda Rasulullah SAW, yang telah memperjuangkan Islam melewati berbagai tantangan dan rintangan dari zaman Jahiliyah hingga zaman di mana kita hidup saat ini.

Yang terhormat, ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 2015 2016, saudara Zulherman.

Yang saya hormati, teman-teman Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas 2015 2016.

Yang saya hormati, ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Arif Halvireski.

Yang saya hormati, ketua Pra-Himpunan Mahasiswa Kebidanan Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas,saudari Afifah Suhaila.

Yang saya hormati, pimpinan-pimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa:

Ketua Forum Studi Kedokteran Islam Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Rendi Deva Andra.

Ketua Hippocrates Emergency Team Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudari Dwiva Try Rakhmawati.

Ketua Medical Research Center Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Nuri Kurniawan.

Pimpinan Umum Broca Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Rizki Trismimanda.

Presiden Center for Indonesian Medical Student Activities Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Ryan Dananjaya.

Direktur Eksekutif Rumah Seni Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudari Aishah Shalimar Putri.

Yang saya hormati, Badan Penyelenggara Mentoring Agama Islam Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, sauadara Ervin Maulana beserta jajarannya.

Yang saya hormati, Badan Pemilihan Umum dan Panitia Pemilihan Umum Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, saudara Adnan Yunadi Latif dan Fauzan Nashrullah beserta jajarannya.

Yang saya hormati, komandan-komandan tingkat distrik, ketua-ketua klub, dan ketua-ketua paguyuban, serta tamu undangan

Dan yang saya hormati, panitia Sidang Umum X Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan peserta sidang yang berbahagia.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, marilah kita buat suasana sidang menjadi lebih semangat, dengan dua kata yang selalu diteriakkan oleh mereka yang berhasil merubuhkan satu rezim yang sedang berkuasa, dua kata yang selalu menjadi pemantik semangat juang bagi mereka yang sedia menjadi agen perubahan bangsa, dua kata yang sejatinya memiliki arti fundamental untuk mendeskripsikan karakter seorang mahasiswa.

HIDUP MAHASISWA!

Peserta Sidang Umum X Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang saya hormati.

Mulai hari ini, pada jam, menit dan detik ini, kita akan mulai melangkah menuju babak baru. Babak di mana kita dapat mengambil peranan untuk turut berkontribusi terhadap KM ini.

Untuk memulai pidato kenegaraan ini, terlebih dahulu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga negara Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dari Prodi Pendidikan Dokter, Psikologi, maupun Kebidanan, yang telah ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum sebagai bentuk nyata pemenuhan hak sebagai warga negara.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada BEM Kabinet Inovatif Dedikatif yang telah menjadi lembaga pertama yang memberikan pemahaman tentang kehidupan kampus melalui agenda-agenda kaderisasi, mulai dari BAKTI, LDNI hingga LKMM untuk Generasi Pembaharu. Yang telah membangun, menyatukan, dan mengajarakan arti persahabatan melalui kepanitiaan Sitoplasma dan MFAF kepada Generasi Pembaharu. Yang telah mengizinkan saya untuk bergabung dalam MIB dan LsTS, yang secara langsung mauapun tidak langsung telah memberikan saya banyak pengalaman berharga untuk mematangkan diri pada tahun pertama.

Terima kasih juga saya sampaikan kepada BEM Kabinet Prestatif Kolaboratif yang telah mengizinkan saya untuk turut berkontribusi untuk KM. Yang dengannya telah banyak pengalaman yang bisa saya dapatkan untuk mengenal dan memahami berbagai seluk-beluk kehidupan di KM FK Unand. Terima kasih kepada bang Handyka, kak Hanum, kak Rika, kak Nisa, kak Audry, bang Rizki Saputra, kak Teda, bang Dian, bang Zul, bang Rizki Dwayana, bang Bambang, bang Fajar, bang Veggy, dan kak Vista, serta teman-teman yang turut berjuang bersama selama satu tahun kepengurusan ini.

Terima kasih khusus saya sampaikan kepada Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi yang telah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan saya selama satu tahun ini. Yang telah mengajarkan kepada saya arti tanggung jawab, kepedulian, dan kesetiaan. Terima kasih kepada orang-orang hebat di PSDMO, bang Rizki Dwayana, kak Nurul, Aina, bang Mihal, Ima, Tari, dan Iwel. Tak lupa, adik-adik MIB di PSDMO, Zakwan, Ayu, dan Ririn. Semoga kita dapat terus berkontribusi untuk KM ini, apapun bentuknya.

Terima kasih kepada Forum Studi Kedokteran Islam yang sudah menerima saya untuk dapat aktif berpartisipasi menyebarkan Islam melalui Departemen Kemakmuran Masjid. Terima kasih kepada bang Aan beserta inpres dan ikhwah semua, terkhusus kepada teman-teman dari DKM, Masyfuk, Arjuna, Ima, Nesa, Nia, kak Sanra, dan kak Annisa; yang telah membuka wawasan lebih luas lagi tentang kesempurnaan Islam.

Terima kasih kepada BPU dan PPU yang telah melaksanakan rangkaian pesta demokrasi di KM FK Unand dengan luar biasa. Yang telah berupaya dengan maksimal dan sepenuh hati memastikan Pemilihan Umum berjalan sesuai prinsip Langsung, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Terima kasih kepada teman-teman Tim Sukses Melangkah Bersama yang telah meluangkan waktu untuk berpatisipasi memeriahkan pesta demokasi di KM FK Unand. Yang telah mendukung visi, misi, dan Proker yang akan Rafdhi usungkan untuk KM selanjutnya dari awal sampai akhir kampanye dengan ikhlas. Yang telah memaksimalkan segala usaha, mengorbankan banyak waktu, dan mencurahkan berbagai pikiran untuk menyukseskan Pemilu ini. Yang telah menjadi alasan bagi saya untuk terus bertahan dan berjuang hingga akhir kampanye. Terima kasih kepada Rury, Ridwan Fajri, Tanisa, Else, Pandu, Fauzan Akbara, Zirda, Azia, Aulia Latifah, Thika, Aisya Gustiana, Anggi Vania, Carlo, Defi Septiana, Devi Miranda, Galuh, Hafizah Latif, Hwaida Sabrina, Imam, Ines, Khay, Lidyana Chintya, Pude, Netty, Ocha, Nanda, Pattih, Rahmi Nadhilah, Irum, Rosi, Sekar, Ulfah Arfi, Winda, Rani, Zhafran, dan teman-teman Timses lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Terima kasih kepada kelompok tutorial 14 Bebeq: Nia, Hanifa, Indah Novita, Intan Kartika, Suri, Sylvia, dan dua nama yang sudah disebutkan di awal. Terima kasih kepada teman-teman simpatisan yang telah ikut mendukung di lapangan, kepada bang Alles, bang Andika Budi, Berliana, kak Denisa, bang Diflyzer, Maisa, Marsya, Riske, bang Alan, kak Anggi Liviani, Vandert, kak Lily Fajriati, bang Panji, dan teman-teman simpatisan lainnya yang juga tidak dapat disebutkan satu per satu. Tak lupa, terima kasih kepada teman-teman Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia dan Ikatan Alumni Ibnu Salam yang telah ikut mendukung dengan video testimoni yang luar biasa.

Terima kasih yang mendalam saya ucapkan kepada teman saya dalam Pemilu tahun ini, Ihsanul Fikri beserta tim sukses dan simpatisan, yang dengan sadar dan gagah berani menunjukkan kepeduliannya kepada KM ini dengan membawa visi, misi, dan rancangan untuk diusungkan kepada KM agar dapat menjadi lebih baik.

Dan terakhir, terima kasih kepada teman-teman panitia Sidang Umum X Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang telah mempersiapkan dan melaksanakan SU hingga sampai pada agenda ini. Semoga SU yang teman-teman angkatkan dapat berjalan lancar hingga akhir agenda.

Peserta Sidang Umum X Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang saya hormati.

Pada kesempatan kampanye kemarin, telah saya paparkan visi, misi, dan Proker yang akan saya usungkan untuk KM ke depan. Sebuah visi besar yang saya yakin dapat dicapai dengan lima misi yang saya usungkan.

Terciptanya KM yang membangun pribadi, menjadi solusi, dan bergerak tanpa henti bersama Rafdhi (Ramah, Fokus, Berdedikasi). Sebuah pandangan yang menjadi harapan agar satu tahun lagi tercipta sebuah generasi dengan pribadi dan karakter mahasiswa sejati, yang kebaikannya akan terus diturunkan kepada generasi-generasi selanjutnya. Agar satu tahun lagi tercipta KM yang tidak hanya bersuara untuk mengumpulkan dan menyampaikan berbagai masalah, namun juga bertindak untuk mencari solusi terkait permasalahan tersebut. Agar satu tahun lagi tercipta peran mahasiswa yang lebih dihayati oleh setiap mahasiswa sebagai agen perubahan, calon pemimpin, dan kontrol sosial yang selalu bergerak aktif dan menebar manfaat bagi orang lain. Ketiga hal tersebut kita ciptakan dengan semangat kebaikan yang berbudi luhur; menatap lurus terhadap apa yang kita tuju; dan pengorbanan tenaga, pikiran dan waktu demi tercapainya visi tersebut.

Oleh karena itu, saya menyiapkan beberapa langkah untuk mencapai visi tersebut. Pertama, Memperkuat sistem kaderisasi dengan semangat kepemimpinan dan pengabdian. Saya meyakini bahwa salah satu indikator keberhasilan dari suatu organisasi adalah terciptanya kader yang dapat menjalankan organisasi selanjutnya dengan lebih baik. Sehingga kaderisasi merupakan hal vital yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Dalam hal ini, peran Leadership Training School perlu dimantapkan lagi sebagai ujung tombak kaderisasi di KM FK Unand. Harapannya, agar tercipta pimpinan-pimpinan KM pada periode selanjutnya yang siap lahir batin untuk memimpin KM ke depannya. Agar calon pimpinan-pimpinan tersebut dapat menjadi teladan bagi orang lain, mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak dengan baik, dan memiliki mental tangguh untuk memimpin KM selanjutnya. Saya menitipkan misi ini kepada Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi.

Kedua, Meningkatkan koordinasi dan komunikasi antarlembaga KM FK Unand yang berasaskan kekeluargaan. Komunikasi merupakan jembatan untuk menghubungkan antara satu dengan yang lain, apapun bentuknya. Namun sayang, permasalahan utama setiap saat dari suatu organisasi adalah miskomunikasi, sehingga perlu fokus utama untuk memperbaiki hal ini. Dalam komunikasi ini, saya mencoba untuk menyusupkan asas kekeluargaan sebagai fondasi utama koordinasi dan komunikasi di KM FK Unand. Karena sejatinya, keluarga merupakan satuan kekerabatan paling dasar yang ada di masyarakat. Yang di dalamnya penuh dengan pengertian, saling menjaga, dan juga cinta. Harapannya, komunikasi yang dilakukan tidak rigid dan penuh ego, namun juga memerhatikan kepentingan orang lain, sehingga timbul sikap saling memahami. Saya menitipkan misi ini kepada Departemen Dalam Negeri.

Ketiga, Memfasilitasi warga KM FK Unand dalam bidang pendidikan dan penelitian. Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, BEM harus memfasilitasi warganya untuk menggapai hal tersebut. Saya berpikir untuk membuat suatu Diktat berisi ringkasan materi dan latihan soal yang dapat membantu mahasiswa memahami materi-materi yang ada di FK Unand. Sehingga kita tidak melupakan amanah utama kita sebagai mahasiswa, yaitu belajar, disamping berorganisasi untuk meningkatkan softskill. Selain itu, saya ingin melanjutkan Gerakan 100 PKM yang tahun lalu memiliki hasil positif di KM FK Unand. Saya menitipkan misi ini kepada Departemen Pendidikan dan Profesi.

Keempat, Mencerdaskan warga KM FK Unand terhadap isu-isu kesehatan di tatanan lokal, regional, dan nasional. Memenuhi peran mahasiswa sebagai kontrol sosial, maka mahasiswa perlu memahami apa saja isu, kebijakan, dan berita terkini yang ada di masyarakat. Sehingga dibutuhkan kajian-kajian strategis yang terstruktur dan berkelanjutan agar solusi yang kita tawarkan dapat berdampak nyata di masyarakat. Saya menitipkan misi ini kepada Departemen Kajian dan Aksi Strategis.

Kelima, Memfasilitasi dan mencari solusi terkait permasalahan dan kebutuhan warga KM FK Unand. Kita tidak bisa menolak bahwa permasalahan pasti akan datang di kehidupan kita. Dan peranan yang dapat kita berikan tidak sampai berhenti di pemuculan masalah tersebut, namun juga mencari solusi atas permasalahan tersebut. Sehingga kita dapat memaksimalkan peran kita untuk dapat berkontribusi di KM FK Unand. Saya menitipkan misi ini kepada Departemen Kesejahteraan Mahasiswa.

Pada akhirnya, visi dan misi yang saya usungkan untuk KM ini membutuhkan kontribusi dari berbagai pihak agar dapat tercipta. Apalah arti seorang pemimpin jika hanya berdiri sendiri? Karena sejatinya mereka yang selalu ada dan mau berjuang bersama adalah alasan terkuat bagi kita semua untuk dapat melangkah bersama. Melangkah bersama untuk dapat mewujudkan pandangan besar kita semua, demi KM yang lebih baik.

Saya menyadari dengan sepenuh hati, bahwa saya bukanlah yang terbaik di antara teman-teman. Bahkan dalam ayat-Nya, manusia merupakan makhluk yang bodoh karena mau mengemban amanah menjadi khalifah di muka bumi yang bahkan gunung dan makhluk lain pun menolaknya. Oleh karena itu, saya sangat menghargai dan mengharapkan saran dan pertolongan teman-teman semua, yang juga dilakukan oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq. Karena sejatinya, menjadi pemimpin bukanlah suatu jabatan yang patut untuk dibanggakan, namun menjadi pemimpin merupakan suatu amanah yang sangat berat. Dan karenanya, sekali lagi saya mebutuhkan partisipasi dari teman-teman untuk dapat berkontribusi untuk KM ini.

Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh warga negara KM FK Unand untuk dapat berkontribusi dan memberi manfaat untuk KM ini. Terkhusus kepada teman-teman Generasi Pembaharu dan Generasi Pengokoh, inilah saatnya bagi kita untuk membawa amanah yang telah diturunkan Generasi sebelumnya. Wajah KM satu tahun ke depan merupakan tanggung jawab kita dan kitalah yang wajib membawanya ke arah yang lebih baik.

HIDUP MAHASISWA!

Sebelum menutup pidato kenegaraan ini, izinkan saya menyampaikan dua buah kalimat yang menjadi alasan terkuat bagi saya untuk dapat berkontribusi di KM ini. Dua buah kalimat yang mungkin terdengar romantis, namun memiliki arti yang sangat dalam jika dimaknai dari sudut pandang yang lebih luas. Dua buah kalimat yang dirangkai indah oleh Sapardi Djoko Darmono.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Demikianlah pidato kenegaraan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam ucapan dan perbuatan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Padang, 26 April 2015

Ketua Umum KM FK Unand,

M. Alif Qisthi Abi Rafdhi