PIDATO : Universitas Islam Darul Ulum Lamonga

. . ….

Yang saya hormati, Bapak H. M. Afif Hasbullah, S.H., S.Ag., M.Hum., selaku Rektor Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

Yang saya hormati, Bapak Drs. Ec. Umarul Faruq, M.Si., selaku Dekan Fakultas Ekonomi.

Yang saya hormati, Ibu Ida Riana, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Bahasa Indonesia. Dan tak lupa segenap para Dosen dan teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah melimpahkan segala Rahmat, Taufiq, serta Hidayah-Nya kepada kita sehingga kita bisa berkumpul di sini dengan keadaan sehat wal afiyat.

Kedua kalinya, Sholawat serta Salam mudah-mudahan tetap terhaturkan kepada junjungan kita Nabi besar, Nabi Muhammad SAW yang mana telah menunjukkan kita dari jalan gelap gulita menuju jalan benerang.

Ketiga kalinya, saya di sini akan berbicara tentang narkoba.

Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai, kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi ambang batas, banyak anak di bawah umur yang sudah mengenal rokok, narkoba, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kita dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang melalui media elektronik atau kita bisa melihatnya langsung di lingkungan sekitar kita. Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai, hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor yang menunjang akan perubahan prilaku dikalangan remaja. Sebagai contoh : kurang kasih sayang orang tua, kurangnya pengawasan dari orang tua, pergaulan dengan teman yang tidak sebaya, dasar-dasar agama yang kurang, kebebasan yang berlebihan, dan masalah yang dipendam.

Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai, ada beberapa cara yang mungkin bisa dijadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan dikalangan remaja, khususnya buat kita sendiri agar tidak ikut terjerumus di dalamnya Di antaranya, perlunya pendididkan sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan diri kita sendiri, mentaati nasihat-nasihat yang kita terima khususnya dari orang tua kita atau dar orang lain, jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum dianggap salah, mempunyai konsep hidup yang benar, menyusun rencana masa depan untuk kehidupan dan masa depan yang baik.

Sekian dari saya, apabila ada kekurangan dari saya mulai awal hingga akhir, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Leave a Reply