Pidato Peringatan Hari Pahlawan Ke 70

PIDATO PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE 70

10 NOVEMBER 2015

___________________________

SEKOLAH DASAR SWASTA HARAPAN BANGSA BATAM

NPSN: 11002161

Alamat : Jalan Raya Kavling Lama, Komp. GEKARI No. 1-2, Tlp. 0778 391 349

Kel. Sagulung Kota, Kec. Sagulung, BATAM Kode Pos 29439

Ijin Operasional Sekolah Swasta No. 348/421.3/DIKDAS/VI/2011

Email: sdsharapanbangsa@yahoo.co.id

Yang Saya hormati Bapak Ibu Guru dan murid-murid sekalian yang saya sayangi.

Shalom dan selamat pagi…

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah melimpahkan Berkat dan kasih sayangNya kepada kita semua , sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam Peringatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia dan dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak Ibu dan anak-anak Yang berbahagia. Hari Pahlawan adalah Peristiwa Sejarah Pertempuran Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, Peristiwa ini di peringati karena untuk mengenang kembali jasa Pahlawan Kita. Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Hal lain yang perlu kita teladani yaitu .Kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti Pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita cita mereka. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani juga. Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Pada peringatan kali ini tema yang diangkat adalah SEMANGAT KEPAHLAWAN ADALAH JIWA RAGAKU.

Berkaitan dengan tema tersebut maka peringatan hari Pahlawan 2015 difokuskan pada semangat untuk membangun kekuatan bersama yang dapat menjadi daya dorong dalam mentelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa kita. (asap, bencana alam gunung meletus, dsb)

Dengan tema tersebut diharapkan agar tumbuh generasi yang mau belajar keras, bekerja keras, senang berkarya, punya kepedulian dan mau berbagi dengan sesama guna mencapai prestasi dan cita-cita.

Melalui peringatan hari Pahlawan, juga diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendiri bangsa ini dapat diteladani dan diterapkan dalam kehidupan masa kini dalam bentuk perjuangan yang lain yaitu : Belajar keras, berusaha keras dalam mengejar cita-cita demi memajukan bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Sahabat-sahabat sekalian

Semoga Pidato ini dapat membuat kita lebih tangguh dan semangat untuk menjadi penerus bangsa kita. Berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita – cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik kedepannya. Kita sebagai generasi penerus yang seantiasa mengingat dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa ini. Ingat Bung Karno pernah berkata BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PARA PAHLAWANNYA.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, Tuhan Yesus memberkati!

Akhirnya marilah kita ucapkan kembali slogan Bung Tomo : SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA!!

Batam, 9 November 2015

KEPALA SEKOLAH

LABORA IZAAK,S.Pd