Pidato Putry Bertemakan “upaya Meningkatkan Minat Baca

Pidato bertemakan UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PARA SISWA SMA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. Kepala SMAN N 1 Jepon, Yth. Ibu Endang Retno selaku guru pembimbing Bahasa Indonesia, Yth. Bapak /Ibu Guru karyawan dan karyawati, dan teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan ini. Perkenankanlah dalam kesempatan ini saya membacakan pidato yang bertemakan tentang Upaya meningkatkan minatbaca para siswa SMA

Hadirin yang saya terhormat, Sudahkah anda membaca? Pernakah anda terpikir untuk membaca buku sejenak walau sesibuk apapun?. Seiring dengan berkembangnya era globalisasi, kita sebagai negara berkembang patut bisa menyesuaikan diri. Perkembangan itulah yang menyebabkan kita semua harus bisa mencari informasi yang ada dan terjadi. Dengan membaca kita dapat mengetauhi informasi yang terjadi. Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia. Namun sayangnya, semboyan tersebut hanya penghias saja. Pada kenyataannya anak remaja sekarang sudah enggan untuk membaca. Bagi mereka membaca itu adalah hal yang membosankan dan bikin ngantuk. Mereka tidak tau bahwa dengan membaca memiliki segudang manfaat yang bisa mereka dapatkan. Ada 5 Keuntungan dari membaca :

Terhindar dari kebodohan

Meningkatkan konsentrasi

Menghilangkan rasa stres

Dapat mengetahui kronologi suatu peristiwa

Membangun negara

Dari kelima keuntungan tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca sangat penting, dengan membaca kita dapat memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita maupun orang lain.

Hadirin yang berbahagia, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca para siswa. Ketertariakan membaca bukanlah hal yang timbul secara tiba-tiba , itu semua dilakukan membutuhkan proses latihan secara terus menerus. Mulailah untuk berbenah diri sendiri untuk membaca buku walaupun hanya sebentar dan minat membaca seharusnya diawali sejak dini. Hal yang telah diupayakan oleh Pemerintah untuk mencerdaskan bangsanya dengan cara mengadakan program perpustakaan keliling, memberikan buku gratis, dll.

Oleh karena itu, marilah kita jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan dan kebutuhan sehari-hari. Maka kita dapat merasakan manfaatnya yang timbul dari membaca, sehingga dengan meningkatnya minat baca dikalangan para siswa negara kita dapat bersaing di era globalisasi ini.

Demikian sepatah dua kata yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada salah kata yang tidak berkenan dihati para hadirin. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama : Putri Nurra Indah Rahmawati

Kelas : XII IA 2

No. Abs.: 19