Pidato Tugas Sma Tentang P I D A T O

P I D A T O

Salam Pembuka

Selamat siang Bapak/Ibu Guru dan seman-teman sekolah yang telah hadir di tempat ini dalam rangka acara perpisahan dengan murid-murid kelas III SMA Negeri 1 Rote Barat Daya.

Pembuka

Sebagaimana adanya pertemuan, tentu ada pula perpisahan; maka sekolah memandang penting mengadakan acara perpisahan dengan para siswa kelas III yang mengakhiri pendidikannya di SMA Negeri 1 Rote Barat Daya.

Kiranya dengan adanya penyelenggaraan acara perpisahan ini, kita saling memaafkan satu dengan yang lainnya dan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para Guru yang telah berjuang mencerdaskan siswa-siswi sebagai anak bangsa demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan adalah bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pentingnya pendidikan yang mencerdaskan tersebut, maka diperlukan perjuangan semua komponen bangsa termasuk Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Orang Tua, serta Instansi Pemerintah yang berkompeten lainnya untuk kemajuan pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang berkeTuhanan Yang Maha Esa dan Demokratis.

Banyak warga negara yang pintar karena sekolah, namun diantara mereka juga banyak yang berkualitas buruk dalam praktek kehidupan pengabdian/pembangunan bangsa Indonesia. Olehnya itu diharapkan kita para siswa-siswi SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, perlu berkomitmen menjalin persatuan, perdamaian, dan berjuang sebagai manusia pembangunan bagi bangsa dan negara dan menempatkan kepentingan umum di atas segala kepentingan. Banyaknya kasus mafia korupsi di segala penjuru kehidupan pelayanan publik/negara, telah membuat kita para siswa dan guru tentu heran dan kaget, karena mental dan moralitas anak didik bangsa telah mencederai Ijazahnya sendiri. Hal ini haruslah kita satukan kekuatan agar jika kita dinyatakan LULUS dalam pendidikan, maka tentu sebelumnya kita telah diuji dan lulus pula dalam materi pendidikan yang berkaitan dengan kerohanian dan moral, dan lain sejenisnya, yang bertujuan baik. Namun sayangnya ketika output pendidikan ini yang tercerdas dalam cermin Ijazahnya, ternyata harus dirusakan oleh kepentingan merusak bangsa dan negara yang bersifat MAFIA. Untuk itu pada kesempatan ini, kita perlu merenunginya, dan harus kita semua bertekat memperbaiki, mencegah, dan memberantas tindakan-tindakan yang berkategori MAFIA dimaksud dalam segala tugas/pekerjaan/keberadaan kita ke depannya. Lawanlah dengan teguh demi mempertahankan materi pendidikan yang bermoral dan berkerohanian tersebut sebagaimana ternyata dari Ijazah kita bahwa kita bernilai baik dan dinyatakan LULUS dalam pendidikan. Jadi, janganlah kita melangkah mencari dan meraih pendidikan setingginya, namun setelah kita masuk dalam lingkungan di luar pendidikan, kita malah memperlihatkan diri bahwa kita merusak bangsa dan negara kita dengan hobby melakukan pekerjaan MAFIA, dan lain sejenisnya.

Pengalaman selama sekolah di SMA Negeri 1 Rote Barat Daya

Selama manjalankan pendidikan sekolah di SMA Negeri 1 Rote Barat Daya ini, banyak sekali ilmu pengetahuan dan karekteristik antara Guru yang satu dengan yang lain, serta teman-teman siswa yang satu dengan yang lain pula. Perbedaan dan kesamaan dalam hidup berorganisasi dalam label satu organisasi SMA Negeri 1 Rote Barat Daya. Ada suka dan tidak sukanya, dan ada bahagia dan susah/sengsaranya. Itulah hidup, kedua-duanya selalu berjalan bersama dalam setiap pribadi maupun organisasi/kelompok. Bagamanapun kita adalah satu dalam meraih satu tujuan pembelajaran, yakni kerukukan, persahatan, persaudaraan, kesatuan, kecerdasan dan keberhasilan serta pembangunan yang bermoral dan bermartabat. Kita tidak dapat sebutkan semuanya secara rinci pada kesempatan ini, namun yang diharapkan adalah kami bangga dengan semuanya itu, karena tanpa kebanggaan, yang muncul malah sebaliknya yakni rasa pesimis dan kurang percaya diri dalam menghadapi kehidupannya sehari-hari, dan akibatnya buruk bagi diri sendiri maupun orang/kelompoknya atau lainnya.

Ucapan Terima Kasih dan Harapan :

Pada kesempatan ini, selaku siswa-siswa kelas III , saya mengucapkan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada Sekolah ini secara umum dalam mendidik dan mencerdaskan saya selama menjalani pendidikan di dalam lingkungan SMA Negeri 1 Rote Barat Daya. Tak lupa pula ucapan terima kasih perlu disampaikan kepada antara lain :

Kepada Kepala Sekolah,

karena tanggungjawabnya sangat besar dalam mengerahkan segala kekuatan dan kemampuannya dalam mencapai tujuan umum sekolah ini. Tanggungjawabnya yang besar dan banyak resikonya inilah yang membuat saya juga belajar bagaimana rasa susah dan senangnya selaku pimpinan tertinggi dalam suatu organisasi. Keberhasilan dan kegagalan organisasi SMA Negeri 1 Rote Barat Daya ternyata tergantung dari faktor intern dan ekstern organisasi itu sendiri. Kekuatan menuju keberhasilan lebih banyak diharapkan dari dalam organisasi bukan sebaliknya dari luar organisasi. SMA Negeri 1 Rote Barat Daya berjuang dari segala keterbatasan yang memeras banyaknya energi Kepala Sekolah dalam rangka memajukan sekolahnya sebagai seorang pemimpin yang handal dan perlu dicontohi oleh para generasi seperti kami yang merasakan dan megalami sendiri dalam mengikuti pendidikan di sekolah ini. Tak lupa pula untuk itu, saya berkewajiban menghormati pimpian sekolah ini.

Kepada Guru dan Pegawai,

Karena jasamu juga dalam mendalami bidang disiplin ilmumu yang sangat besar dan semangat juang yang tinggilah yang menghantar kami berhasil dalam meraih keberhasilan dalam bidang ilmu pengetahuan dari semua pelajaran yang diprogramkan Pemerintah Indonesia. Perjuanganmu sungguh besar jasanya demi kami dan bangsa dan negara Indonesia tercinta ini. Kiranya semangat juangmu tidak kendor di tahun-tahun yang akan datang, tetapi sebaliknya makin kuat dan kokoh bagi generasi anak didik yang akan datang.

Kepada Siswa-siswi,

karena dengan adanya kalian, maka kita dapat belajar bersama selama ini. Kekurangan yang ada padaku diisi oleh teman-teman, sebaliknya kelebihan yang ada padaku dapat dimintai oleh teman-teman untuk melengkapi kekuranganmu. Terimakasih atas kebersamaan dan persahabatannya yang terbina selama ini, demi kredibilitas nama baik SMA Negeri 1 Rote Barat Daya tercinta, selaku almamaterku.

Permohonan Maaf

Seiring dengan keberadaan saya di lingkungan SMA Negeri 1 Rote Barat Daya ini, tentu saya telah banyak melakukan kesalahan/kekeliruan/kekhilafan sebagai manusia yang penuh dengan itu, maka pada kesempatan ini, tak lupa dengan rendah hati saya memohon maaf kepada semua teman-teman para siswa-siswi dan para Guru serta Kepala SMA Negeri 1 Rote Barat Daya. Harapan saya kiranya dalam hal ini saya dimaafkan pula, agar tercipta kedamaian dan suka cita bagi kita semua.

Penutup

Sebagai akhir pidato ini, tak lupa saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya.

Salam Penutup

Kiranya Tuhan Yang Maha Esa menyertai dan memberkati kita semua.