Contoh Pidato Yang Terhormat Ketua Jurusan Teknik Sipil

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro

Yang terhormat Bapak Ibu Dosen S1 Teknik Sipil Universitas Diponegoro

Yang saya sayangi mahasiswa sekalian

Hadirin yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan hidayahNya kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat pada acara Penerimaan Mahasiswa Baru Teknik Sipil Universitas Diponegoro tahun 2015. Sholawat serta salam kita sampaikan kepada Rasulullullah SAW semoga kita mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak.

Saudara saudara mahasiswa baru dan hadirin sekalian,

Semua anggota masyarakat tentu ingin dapat belajar di perguruan tinggi dan tentu perguruan tinggi terbaiklah menjadi tujuan yang diidamkan. Banyak orang berlomba lomba untuk mendapatkan jurusan di salah satu universitas terbaik. Teknik Sipil adalah salah satu jurusan di Indonesia yang hampir di setiap Universitas memiliki jurusan ini, namun Undip adalah salah satu Universitas terbaik dalam bidang ini. Persaingan ketat terjadi ketika Anda masuk dalam jurusan ini. Anda adalah salah satu orang yang beruntung karena dapat masuk dalam jurusan ini melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun UMPTN. Saya ucapkan selamat kepada Anda yang telah berjuang pada tempo hari sehingga sekarang dapat berada di sini berkumpul dengan kita semua.

Anak – anakku yang saya cintai,

Kalian memasuki masa baru yaitu masa mahasiswa. Maha atas kesiswaan Anda. Mari berpikir lebih dalam mengenai masa depan. Apa tujuan Anda ke depannya? Apa yang Anda dapat berikan bagi jurusan, bagi Undip, bagi negara ini?

Anda sekarang adalah mahasiswa Teknik Sipil. Mari kita bicarakan mengenai pembangunan. Pembangunan di Indonesia memasuki masa emas, di mana pada masa tersebut pembangunan sedang gencar gencarnya dilakukan. Sebagai mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro Anda dapat turut mendukung pembangunan ini. Contohnya yaitu dengan mengikuti Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang berisi tentang riset dan penelitian. Teknik Sipil dikenal sebagai jurusan yang lulusnya lama. Apakah itu benar? Saya katakan tidak. Lama Anda kuliah disini tergantung diri Anda sendiri. Di sini Anda harus bisa membagi waktu. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penting. Padatnya kuliah jangan sampai membuat diri Anda menjadi mahasiswa kupu kupu (kuliah pulang) karena hal tersebut merugikan Anda. Kegiatan organisasi dapat memberikan banyak manfaat apabila Anda ikut terjun di dalamnya.

Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro memliki berbagai kegiatan ko-kurikuler yang telah terstruktur dan terencana dengan baik, sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di jurusan ini akan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa. Dengan demikian, teman teman bisa secara aktif untuk memanfaatkan dan mengikuti dengan baik berbagai kegiatan tersebut. Tentunya, baik Unit kegiatan mahasiswa di jurusan maupun tingkat fakultas akan menjadi salah satu pilihan teman teman untuk bisa belajar berorganisasi dengan suasana rasa kekeluargaan.

Jangan pernah berpikir bahwa kalian akan gagal dalam mencapai cita-cita kalia tersebut, berpikirlah bahwa kalian pasti dapat meraih cita-cita kalian sendiri. Kalian adalah agen perubahan bagi bangsa Indonesia, lakukanlah yang terbaik untuk bangsa kita, janganlah menjadi orang yang tidak mau melangkah sedikitpun untuk maju. Karena masa depan kita ada di tangan kita sendiri. Jangan sia siakan kesempatan Anda. Terus belajar, berkarya.

Semoga Tuhan yang Maha Esa melimpahkan kepada kita semua rasa kepedulian dan kebersamaan yang tinggi serta kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan kegiatan dan tugas kita bersama di kampus yang kita banggakan ini. Selamat belajar dan berkarya.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata dan sikap saya mohon maaf.. Terima kasih.

Wabillahi Taufik Wal Hidayah

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh