Pidato Segala Puji Bagi Alloh Yang Telah Mengangkat Harkat

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Yang terhormat Dewan Juri

Dan peserta lomba yang berbahagia.

Marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Taala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul dalam acara Lomba Pidato tahun 2013.

Sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad sholallohu alaihi wa sallam yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Dewan Juri dan Peserta Lomba yang Berbahagia

Perkenankanlah saya pada kesempatan kali ini menyampaikan uraian pidato yang bertema Kibarkan Cita-cita Setinggi Langit.

Teman-teman yang berbahagia.

Apakah teman-teman memiliki cita-cita? Aku juga punya cita-cita. Cita-citaku ingin menjadi guru. Karena aku ingin mencerdaskan anak-anak bangsa. Dan aku juga ingin berguna bagi nusa dan bangsa. Tentunya kita sebagai pelajar tahu apa yang harus dilakukan untuk menggapai cita-cita, yakni belajar dengan giat.

Kita harus belajar dengan giat karena kita merupakan generasi penerus bagi bangsa dan negara indonesia yang kita cintai. Kita yang akan membangun Indonesia menjadi negara yang hebat. Setuju???!!!

Bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi. Bagi orang yang menganggap cita-cita itu adalah tujuan hidup, maka cita-cita itu akan dijadikan penyemangat untuk terus maju. Namun bagi orang-orang yang mengangap cita-cita itu hanyalah mimpi maka cita-cita itu tak lebih dari khayalan. Kalau kita sibuk berkhayal, memangnya kita bisa meraih cita-cita yang kita inginkan?

Teman-teman, cita-cita itu harus diusahakan. Cita-cita itu tidak bisa kita peroleh hanya dengan duduk dan bermalas malasan. Cita-cita setinggi apapun kalau kita tidak sungguh-sungguh untuk menggapainya maka cita-cita itu hanya sebatas mimpi. Marilah rekan-rekanku kita belajar giat agar menjadi generasi yang berilmu.

Selain itu, mulai sekarang kita tidak boleh ragu-ragu atau bahkan malu dalam memilih cita-cita, karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha dan bekerja keras. Jika tidak bisa menentukan cita-cita, maka bercita-citalah untuk menjadi orang yang berguna dan dicintai orang banyak. Tapi jangan lupa dengan cita-cita setelah kita mati nanti yaitu masuk surga. Masuk surga pun harus kita perjuangkan selama kita hidup di dunia karena hidup kita pada dasarnya adalah untuk ibadah dan merupakan ujian Allah kepada kita. Kita mati tidak membawa apa-apa selain amal ibadah kita.

Demikianlah uraian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga memberikan manfaat. Kurang lebihnya saya memohon maaf.

Bilahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puji bagi Alloh yang telah mengangkat harkat dan derajat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh alam.Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad, pemimpin umat manusia, kepada keluarga dan para sahabatnya yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.

          Dewan juri yang saya hormati!

          Dalam kegiatan FESTIVAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL ini, saya akan menguraikan sedikit tentang jasa seorang guru bagi kita.

          Kita bisa menulis, kita lancar membaca, pandai berhitung, kita diajari sopan santun, itu semua jejak kegigihan seorang guru dalam mendidik kita.

          Oleh karena itu, tepat kiranya apabila dalam pidato saya kali ini, mengangkat topik Guru sebagai Sosok Pahlawan

          Hadirin sekalian!

          Diakui atau tidak, tak kan ada seorang presiden tanpa seorang guru, tak kan ada serang dokter tanpa seorang guru, tak kan ada seorang guru tanpa seorang seorang guru.

          Selanjutnya,

          Untuk jadi seorang presiden kita harus pintar, untuk jadi seorang dokter kita harus pintar, untuk jadi seorang guru kita harus pintar, dan untuk jadi pintar, kita harus serkolah. Kenapa harus sekolah? Karena disanalah ada seorang guru yang siap untuk mendidik kita, siap untuk mengantarkan kita kepada yang kita cita-citakan.

          Hadirin sekalian!

          Ilmu adalah cahaya kehidupan. Dengan ilmu, kita jadi tahu bagaimana beribadah kepada Alloh, dengan ilmu, kita jadi tahu bagaimana berhubungan dengan sesama manusia. dan yang mengajarkan semua ilmu adalah guru-guru kita. Syekh Az Zarnuji mengatakan:

          Guru telah mendekatkan sesuatu yang jauh dan bisa membuka pintu yang tertutup

          Dan Saidina Ali Radliallohu Anhu, mengatakan;

          Saya menjadi hamba sahaya orang yang telah mengajariku satu huruf

          Hadirin Sekalian!       

          Yang mengajari satu huruf saja harus kita hormati, apalagi yang mengajari banyak huruf. Jadi jelaslah sudah begitu penting dan mulia kedudukan seorang guru dalam kehidupan kita. Guru adalah pewaris ilmu para Rasul. Dan Rasululloh adalah sebaik-baik guru bagi umat manusia. Seperti yang tercantum dalam Al-Quran:

Sungguh, telah ada pada diri Rasululloh itu suri teladan yang baik bagimu

          Dewan juri yang saya hormati!

          Guru telah melahirkan begitu banyak pahlawan hebat di muka bumi ini. Maka sudah sepantasnyalah kita menghargai jasa guru-guru kita, yang telah memberikan kita ilmu dan pengetahuan, mendidik kita ke arah kebaikan. Bagi saya Guru adalah Pahlawan

          Sekian dapat saya sampaikan. Terimakasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan.

          Billahi Taufik walhidyah wassalaamualaikum wr,wb.

Dalam proses mengenyam pendidikan, sudah pasti kita tak bisa mengesampingkan peranan guru yang begitu besar. Guru, sesosok pribadi yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk memberikan pengajaran dan bimbingan kepada setiap anak didiknya patutlah jika mereka disebut sebagai pahlawan. Dengan penjaran darinya kita memperoleh pengetahuan, dengan nasihat darinya kita menjadi pribadi-pribadi yang bermoral dan dengan bimbingan dari beliau-beliau kita bisa meniti langkah untuk menggapai cita-cita.

Apresiasi terhadap guru tentu tak cukup dengan ditetapkannya tanggal 25 November yang merupakan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai Hari Guru Nasional. Dalam menuntut ilmu, peranan guru disekolah tak ubahnya seperti orang tua kedua. Rasa sayang dan kepedulian yang dimilikinya begitu besar, jasanya dalam memberikan kita segenap pengajaran dan bimbingan sungguh luar biasa.

Semboyan Guru adalah Pahlawan tanpa tanda jasa tentulah masih sangat relevan. Mereka banyak memiliki jasa dalam mendidik calon-calon penerus bangsa yang tentulah masing-masing dari setiap anak didik pewaris bangsa memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Guru adalah satu dari sedikit saja profesi di muka bumi yang begitu mulia, meski hanya dianugrahi gelar sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, para guru tak henti berjuang untuk mengantar anak-anak didikannya menuju masa depan yang cerah agar kelak dimasa dewasanya setiap anak didik bisa menjadi manusia yang membanggakan bangsa.

Tanpa jasa-jasanya kita tidak akan berada disini, saat ini dengan segala pencapaian kita. Karena gurulah kita bisa membaca, menulis dan berhitung, karena gurulah kita bisa mencapai keberhasilan. Kelak kita akan tumbuh menjadi manusia yang berhasil, mungkin banyak dari kita yang akan melupakan guru-guru kita yang sudah begitu berjasa, dan meski begitu, mereka akan tetap tanpa pamrih memberikan pengacaran kepada tunas-tunas baru yang mungkin juga ketika mereka mulai dewasa mereka akan melupakan beliau yang memberikan tuntunan dan pengetahuan.

Meskipun anak didik kelak mengesampingkannya, meskipun pemerintah tak memperhatikan nasibnya, para guru tetap gigih membentuk jiwa-jiwa calon pemimpin bangsa, tak lelah berbagi, tak lelah mengajar hingga di usia senjanya. Sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang mendalam kepada mereka yang telah bersusah payah mengajarkan setiap pengetahuan yang mereka tahu, memberikan nasihat yang membangun serta bimbingan  dan teladan yang membentuk kepribadian kita untuk Indonesia yang lebih baik.

GURU ADALAH SOSOK INSPIRASI

BAGI ANAK NEGERI

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi/Selamat Siang

Salam Sejahtera bagi kita semua…

Dewan juri yang saya hormati, Bapak Ibu guru yang saya hormati, serta para hadirin sekalian yang berbahagia. Sungguh tiada kata dan ucapan yang lebih indah selain ungkapan rasa syukur kita yang tak terhingga kepada Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya bagi kita semua. Shalawat bersimpulkan salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Bapak Ibu Hadirin Sekalian yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan menguraikan pidato saya dengan judul Guru adalah Sosok Insipirasi bagi Anak Negeri. ketika saya diminta untuk berbicara tentang guru, maka tak lain yang terbersit di benak saya adalah figur yang sangat luar biasa. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi kesabaran dan ketabahan. Sabar dan tabah dalam membina anak didiknya. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi keikhlasan dan pengorbanan. Sehingga ia pun rela mempertaruhkan hidupnya hingga pelosok negeri. Karena keikhlasannya, hingga tak terpikirkan oleh nya untuk menghitung berapa ilmu yang telah ia bagikan. Guru adalah pahlawan yang tak pernah lepas dari rasa cinta dan kasih sayang. Menyemangati anak didiknya untuk berani mengukir mimpi dalam jejak perjalanannya.

Bapak Ibu hadirin sekalian yang berbahagia. Seluruh orang-orang hebat di negeri ini, para pemimpin besar negeri ini merupakan buah dari perjuangan yang tak terbeli dari seorang guru. Perjuangan yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan yang tanpa disadari sesungguhnya memberikan inspirasi bagi anak didiknya. Memberikan contoh sebagai seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini, pahlawan tanpa tanda jasa. Andai saja seluruh anak negeri menyadari ini semua, mencontoh sifat kepahlawanan dari seorang guru maka niscaya dapat dibayangkan betapa indahnya masa depan Indonesia.

Guru, semoga kau senantiasa menjadi inspirasi bagi anak negeri. Tauladan kepahlawanan yang baik bagi seluruh generasi penerus bangsa indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahannya dalam setiap langkah perjuangan mu.

Demikianlah uraian singkat dari saya, semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya. Terima kasih atas kesempatan dan perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Saya akhiri dengan sebuah pantun…

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera saya haturkan kepada Bapak/Ibu dan para hadirin yang hadir pada majlis ini. Semoga kita mendapatkan ridlo dan innayah dari yang maha kuasa, Amin.

Bapak/Ibu dan rekan-rekan yang saya cintai..

Pahlawan adalah sosok yang sangat terhormat bagi kita. Keberadaan mereka sangat memberikan andil besar terhadap terjadinya sebuah kemakmuran suatu masyarakat. Indonesia adalah sebuah negera yang sangat kaya akan sejarah. Jika kita menoleh kebelakang betapa banyak sekali sosok pahlawan yang telah mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk membantu kita semua merasakan sebuah atmosfer kehidupan seperti yang kita rasakan sekarang.

Tanpa perjuangan para pahlawan mungkin kita masih hidup dengan kesengsaraan. Kemerdekaan itu diperoleh berkat perjuangan para pahlawan bangsa. Marilah kita semua senantiasa mengenang para pahlawan bangsa ini. Dan marilah kita cerminkan bentuk rasa hormat dan terimakasih kita kepada para pahlawan dengan memberikan sesuatu yang berguna untuk bangsa tercinta ini.

Para hadirin semuanya yang saya hormati..

Bicara sosok pahlawan, sebenarnya banyak sekali dari mereka yang bsia dianggap sebgai seorang pahlawan. Sejatinya seorang pahlawan itu bukan hanya mereak yang memperjuangkan hak-hak bangsa selama masa penjajahan. Masih banyak sosok pahlawan lainnya yang terkadang kita lupakan dengan begitu saja.

Guru, adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Berkata bimbingan para guru lah kita dapat tumbuh besar dengan bekal ilmu dan kepribadian yang lebih baik. Tanpa bimbingan mereka, hampir tidak mungkin kita bisa tumbuh dewasa dengan mentalitas yang siap untuk menatap kehidupan.

Marilah kita semua senantiasa mengenang jasa-jasa para guru kita. Mereka-merka itu telah mencurahkan segenap kemampuannya untuk membantu kita menjadi pribadi yang siap untuk mengaharungi kehidupan yang penuh lika-liku.

Hadirin sekalian yang saya cintai…

Marilah kita selalu menjadi pribadi yang tahu diri dengan tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan kita, karena mereka adalah sosok yang sangat penting dibalik kemakmuran yang kita dapat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga saja apa yang saya sampaikan pada hari ini dapat memberikan manfaat serta sebuah momentum untuk selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan kita.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.