Pidato Pentingnya Memanfaatkan Waktu Luang

PENTINGNYA MEMANFAATKAN WAKTU LUANG

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur khadirat Tuhan Yang Maha Esa yang sudah memberikan kesehatan pada kita semua sehingga kita dapat hadir pada kesempatan kali ini. Yang terhomat Guru Bidang Studi, Bu Enggar dan teman teman semua yang saya banggakan. Izinkan saya untuk membahas pidato yang bertema Pentingnya Memanfaatkan Waktu Luang.

Waktu adalah batas. Waktu adalah jangka, rentang dan masa. Masa hidup adalah jumlah waktu yang kita gunakan dalam hidup. Rentang waktu adalah jarak dimulainya dan berakhirnya usia hidup yang kita miliki. Jangka waktu adalah target-target hidup yang harus kita capai dalam hidup ini. Dalam sehari-semalam kita memiliki rentang waktu 24 jam. Dalam seminggu 7 hari, dalam bulan ada 30 hari sedangkan dalam setahun kita memiliki 356 hari. Masing-masing rentang waktu ini memiliki makna dan fungsi bagi manusia.

Adanya rentang, jangka dan masa dalam waktu menunjukan keterbatasan manusia. Untuk itu dalam masa waktu tertentu, manusia harus bisa membagi waktu untuk sesuatu yang bermanfaat. Dalam rentang waktu 24 jam setiap harinya, manusia harus melakukan sesuatu yang bisa mendukung capaian utama dalam kehidupan. Rentang waktu 24 jam itu harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak habis untuk sesuatu yang sia-sia.

Begitu pentingnya waktu, masing-masing orang atau daerah memiliki peribahasa sendiri-sendiri. Orang barat mengatakan, Time is Money. Sedangkan orang Arab mengatakan waktu adalah pedang. Kita tidak perlu membicarakan prinsip hidup orang barat yang berprinsip waktu adalah uang. Karena prinsip ini jelas hanya akan menjadikan manusia yang tamak dan rakus terhadap benda-benda duniawi. Yang lebih penting bagi kita umat muslim, bahwa waktu adalah pedang. Pedang yang ketika salah penggunaannya akan melukai atau bahkan membunuh kita sendiri.

Falsafah waktu adalah pedang menggambarkan bagaimana pentingnya waktu dalam hidup kita. Jika kita menggunakan waktu secara baik, tentu kita akan menjadi manusia yang berjaya di muka bumi ini. Tetapi sebaliknya, jika kita menyia-niakan waktu tentu ketertindasan, kekalahan dan bahkan kehancuran bagi kita.

Kita harus mempertimbangkan setiap aktivitas yang akan kita lakukan agar penggunaan waktu kita lebih efektif dan sesuai dengan tujuan kehidupan kita..

Apakah kita sudah maksimal menggunakan waktu kita? Untuk mengetahui efektif-tidaknya penggunaan waktu. Kita perlu merenungkan aktivitas kita sehari-hari. Jika kita adalah mahasiswa/siswa, tentu kegiatan harian kita harus menunjang peningkatan keilmuan kita. Kegiatan membaca, menulis ataupun mengikuti kuliah dan diskusi harus menghiasi harian kita. Jika aktivitas yang meningkatkan pengetahuan ini kita lakukan minimal delapan jam dalam sehari, itu artinya kita sudah berusaha semaksimal mungkin menggunakan waktu secara efektif.

Sebagian dari kita sering menyia-nyiakan waktu yang kita miliki, padahal waktu itu sangat penting bagi kehidupan kita semua. Karna oleh sebab itu waktu tidak dapat ditarik kembali.

Ketahuilah setiap tarikan dan desahan nafas kita, saat kita menjalani waktu demi waktu, adalah merupakan langkah menuju kubur. Dan waktu yang kita jalani hidup di dunia ini, sebenarnya sangat singkat, karena itu sangat ruginya kita apabila kita menjalaninya dengan sesuatu yang tidak berharga.  Kita sia-sia kan waktu dan kesempatan hidup di dunia ini. Dengan begitu kita harus bisa memanfaatkan waktu luang dengan hal hal yang positif, karna mengisi waktu luang dengan kegiatan positif sangat menguntungkan untuk kita masing-masing.

Kita bisa memanfaat kan waktu luang untuk belajar,bersantay, olahraga, menggambaratau sekedar beristirahat dan memulihkan stamina tubuh. Kita juga bisa melakukan kegiatan tersebut bersama orang-orang yang kita sayang seperti keluarga, saudara, teman, sahabat, pacar maupun sendirian, dengan begitu kita tidak akan membuang-buang waktu kita untuk hal-hal yang tdiak bermanfaat dan mengisi waktu luang juga dapat membuat badan lebih sehat dan mungkin juga dapat mempererat tali persaudaraan dengan yang lain.

Itu saja yang dapat saya sampaikan untuk kekurang kata atau pun kata-kata yang tidak enak didengar mohon dimaafkan. Sekian dari saya dan terima kasih.

Wasslamamualaikum warahmatullahiwabarakatu

Lydia Larissa XII-IPA1