Pidato Para Juri Yang Terhormat, Pada Kesempatan Kali Ini

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para juri yang terhormat, pada kesempatan kali ini saya mencoba akan menyampaikan pidato yang berjudul Kibarkan Cita Cita Setinggi Langit.

Pada umumnya manusia hidup di dunia ini mempunyai keinginan agar menjadi yang lebih baik dan sempurna dalam kehidupannya. Keinginan tersebut muncul dari dalam hati melalui ide dan gagasan untuk dapat diwujudkan. Keinginan tersebut, disebut dengan cita-cita.

Setiap orang pasti mempunyai cita-cita. Begitu pula dengan saya. Saya bercita-cita ingin menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan bangsa. Untuk mewujudkan cita-cita itu, sungguh berat karena memerlukan proses dan waktu. Saya harus lebih rajin dan bersungguh-sungguh lagi dalam belajar demi masa depan. Dengan belajar saya akan berubah, baik wawasan, pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Karena belajar adalah perubahan tingkah dari apa yang dilihat, didengar dan dilakukan. Saya harus yakin cita-cita saya akan tecapai.

Pada suatu hari, saya ditanya oleh Pak Guru di sekolah Nak, cita-citamu ingin menjadi apa? kata pak guru. Saya menjawab : Ingin menjadi orang berguna bagi diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan bangsa. Waktu itu saya ingat pak guru memujiku dengan kata Bagus nak, cita-citamu itu sungguh mulia, semoga tercapai. Kemudian beliau memberikan nasehat juga agar saya rajin belajar, suka bekerja keras, berdoa, dan tidak mudah menyerah. Kata beliau itu modal utamanya. Saya sangat gembira sekali mendengar kata-kata pak guru itu. Karena yang diucapkan itu adalah doa untukku.

Pak guru merupakan teladan bagiku. Beliau seperti idola. Saya bermimpi suatu hari hari bisa menjadi orang sukses seperti beliau. Beliau sangat sabar mengajar murid-muridnya. Beliau juga selalu berusaha mengembangkan bakat masing-masing muridnya.

Sungguh saya tak dapat berbuat apa-apa selain berdoa kepada Allah SWT. Agar beliau selalu diberkahi keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan.

Kepada teman-temanku sekalian, marilah kita mewujudkan cita-cita kita dengan rajin belajar, tekun dan jujur seperti yang dinasehatkan oleh pak guru. Di masa yang akan datang saya yakin cita-cita kita akan tercapai kalau kita mematuhi nasehat beliau. Karena kita sudah merasa kalau beliau orang tua kandung kita sendiri.

Sekian penjelasan dari saya, apabila dalam ucapan saya terdapat salah kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb