Pidato Padepokan Zulva Fuadah Achsrianti – 20100310114

Zulva Fuadah Achsrianti – 20100310114

Assalamualaikum Wr. Wb.

         

  

Alhamdulillah wa syukrulillah wa sholatu wa sallamu ala rasulillah sayyidina wamaulana Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi wa mawwalah, amma badah.

Hadirin yang berbahagia. Pada kesempatan ini saya akan sedikit berpidato mengenai kesehatan. Sehat adalah keadaan sejahtera dari seseorang secara jasmani maupun rohani. Kesehatan juga merupakan anugrah dari Tuhan yang Maha Esa agar kita dapat beraktivitas. Kita juga harus bisa menjaga kesehatan diri kita masing masing sebelum waktunya terlambat, karena ada pepatah yang mengatakan bahwa Mencegah lebih baik daripada Mengobati. Jika kesehatan kita tetap terjaga, maka kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat pula. Sehingga kita bisa mengukir prestasi lebih banyak lagi demi masa depan bangsa kita karena Bangsa yang kuat adalah Bangsa yang sehat. Jika rakyat sehat maka sebuah bangsa akan menjadi sehat dan kuat, begitupun sebaliknya, rakyat yang banyak penyakitan maka bangsa akan menjadi lemah.

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk memperoleh tubuh sehat, salah satunya adalah olahraga. Olahraga merupakan hal termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Contohnya seperti jogging, senam, jalan kaki, dan bersepeda. Olahraga bermanfaat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Selain olahraga, kita juga harus menerapkan pola makan sehat, yaitu dengan cara makan makanan yang bergizi seimbang, mengandung serat, dan zat-zat yang diperlukan tubuh. Misalnya karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disebut dengan 4 sehat 5 sempurna. Dengan menerapkan pola makan sehat tubuh akan sehat, mencegah kegemukan, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dan yang ketiga adalah kurangnya istirahat, banyak masyarakat yang lebih mementingkan pekerjaannya dari pada istirahatnya. Sehingga badan terasa lemas dan lelah. maka dari itu sesibuk apapun pekerjaan kita, sempatkanlah untuk beristirahat. Sebagai pelajar, kita bisa memulainya dengan hal hal yang kecil dengan membentuk pola hidup yang disiplin, misalnya dengan menjaga pola tidur yang cukup lebih kurang 8-9 jam, mandi dan sarapan yang tidak berlebihan sebelum sekolah agar tidak terasa kantuk, dan di saat istirahat jajanlah makanan yang bersih dan sehat. Anjuran ini juga bisa diterapkan oleh semua kalangan.

Hadirin yang berbahagia, Adapun beberapa hal yang harus dijauhi agar tubuh sehat, yaitu menjauhi rokok dan minuman keras. Seseorang yang merokok dapat terkena penyakit paru-paru, jantung, kanker, dan lainnya. Sementara itu, orang yang meminum minuman keras akan mabuk, terganggunya sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, bahkan terkena penyakit jantung. Seseorang yang sudah mencoba untuk merokok dan minum minuman keras akan merasa ketagihan. Jika sudah merasa ketagihan, orang tersebut akan bergantung dengan rokok maupun minuman keras saat masa hidupnya. Begitu pula dengan Narkoba dengan dampak negative nya terhadap kesehatan yang kompleks. Maka, jangan sekali-kali kita mencoba hal tersebut karena sudah banyak korban korban yang terlihat oleh kita akibat penggunaan barang haram tersebut.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan semoga Tuhan senantiasa menjaga kesehatan kita. Mohon maaf jika ada salah kata, karena saya hanyalah manusia yang tak luput dari kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.