Pidato Lingkungan Lalak Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yth. Bapak/Ibu LALAK, selaku guru B.indonesia

Serta teman-teman yang saya sayangi

Terlebih dahulu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Penyayang yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan kepada kita, terlihat dengan kesehatan, kesempatan, dan kebahagiaan yang kita rasakan hari ini. Tanpa kemurahan-Nya, mustahil semua ini dapat kita nikmati. Selanjutnya. Suatu kehormatan yang besar bagi saya memperoleh kesempatan menyampaikan Pidato saya yang bertema mengenai Lingkungan.

Lingkungan mempunyai arti yang sangat luas, salah satunya adalah semua faktor maupun kondisi dimana ada dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita. Aspek yang biasanya dibahas dalam lingkungan adalah Limbah Padat atau biasa disebut sampah, Limbah Cair, Air Bersih maupun Air minum, dan juga udara. Apabila kita membahas mengenai segala masalah yang ada di lingkungan sekitar kita, mungkin pidato saya akan sangat menjadi panjang. Oleh karena itu, saya akan membahas singkat mengenai air saja.

Air adalah komponen terpenting dalam kehidupan makhluk hidup, terutama manusia. Tanpa makanan, manusia mampu bertahan hidup selama 3 minggu. Namun tanpa air, manusia hanya mampu bertahan hidup selam 3 hari saja. Di samping itu, 70% komponen penyusun tubuh manusia adalah air. Begitu pula dengan komposisi di bumi, sebanyak 70% penyusun bumi ini adalah air, itu berarti sekitar 1,4 ribu juta kubik air di bumi. Tapi tahukah anda, hanya sekitar 0,003% dari ribuan juta kubik air itu yang bisa dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti minum, mencuci, dan sanitasi. Karena sisanya memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Dan  0,003% air bersih itu digunakan oleh seluruh negara di dunia, seluruh orang, dan seluruh makhluk hidup.

Namun kenyataannya, pentingnya air tersebut tidak disadari oleh mayoritas manusia di dunia, khususnya masyarakat Indonesia. Mari kita meninjau fakta-fakta yang ada tentang air. Lebih dari 30% penduduk di 44 negara di dunia mengalami kesulitan air bersih yang layak. 50% air bersih di Jakarta tercemar bakteri E-coli akibat sanitasi air yang kurang baik. Di samping itu, fakta juga menyatakan bahwa Pulau Jawa menopang 65% dari total penduduk di Indonesia, padahal pulau ini hanya menyimpan 4,5% dari potensi air tawar nasional. Selain itu, remaja Indonesia rata-rata menghabiskan 210 liter air per hari. Padahal, rata-rata kebutuhan air manusia per hari adalah 60-200 liter. Kebutuhan air tersebut digunakan antara lain untuk minum, mandi, mencuci muka, menggosok gigi, dan menyiram toilet.

Dari fakta-fakta yang ada, terlihat jelas bahwa masalah air sangat perlu ditangani. Tidak hanya melalui pemerintah, penanganan masalah air juga dapat kita lakukan sendiri.

Bagaimana caranya?

Saudara-saudara yang berbahagia, hematlah air! Hal-hal kecil yang kelihatannya mungkin tidak berarti justru merupakan perubahan besar bagi kehidupan. Berikut ini adalah contoh hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai individu bagi kelangsungan hidup anak cucu kita:

Bagi remaja yang sering mandi lama, lakukanlah misi mandi cepat. Cukup 5-10 menit!

Ketika mencuci tangan di wastafel, matikan air saat sedang memakai sabun.

Hindari cucian bertumpuk, otomatis penggunaan air akan berkurang.

Saat ada sisa air mineral, siramkan pada tumbuhan terdekat sebelum membuang gelas//botolnya ke tempat sampah.

Gunakan air hujan yang sudah ditampung untuk menyiram kebun.

Saudara sekalian,

Air adalah komponen penting dalam kehidupan kita. Hal-hal kecil dapat kita lakukan untuk paling tidak menghemat setetes air, agar anak cucu kita tidak menderita nantinya. Marilah kita mulai menjalankan Misi Hemat Air. Mulailah dari hal-hal kecil, dari diri sendiri, dan ajaklah orang-orang terdekat Anda untuk turut serta dalam misi ini. Ingatlah, ini semua kita lakukan untuk anak cucu kita.

Demikianlah pidato saya, mohon maaf bila terdapat salah kata. Kritik dan saran Anda yang membangun akan saya terima dengan senang hati. Semoga dengan pidato ini, Anda sekalian dapat menyadari pentingnya air dalam hidup ini.

loading...