Mengomentari Pidato Isi 9.2 Pidato, Ceramah Dan Khotbah

9.2 Mengomentari pidato, ceramah dan khotbah

Pada subbab ini, kalian akan belajar bagaimana memberi komentar dan penilaian terhadap pidato yang kalian dengar, kalian tentu pernah mendengar pidato, baik itu pidato disekolah maupun pidato ditelevisi. Setelah mendengar pidato tersebut, apa yang kalian lakukan? Apakah kalian pernah membuat komentar terhadap pidato tersebut, baik cara penyampaian meupun isinya ?

Sebelum memberi komentar, kalian harus mendengarkan keseluruhan isi pidato dengan penuh kosentrasi dan sekaligus mencatat hal-hal yang dirasa kurang baik atau bagus.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memberi komentar sebagai berikut :

Komentar harus mengacu pada topik yang dibicarakan

Komentar hendaknya menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami

Komentar yang disampaikan desertai dengan alasan atau bukti yang logis

Komentar yang disampaikan menggunakan bahasa sopan.

Langkah-langkah mengomentari pidato:

a.    Mendengarkan dengan penuh perhatian

b.    Menilai dengan objektif

c.    Memberikan komentar dengan bahasa yang menarik dan komunikatif

Apa saja yang dikomentari?

1. isi pidato,

2. gaya pidato,

3. bahasa pidato.

Berikut contoh kometar terhadap isi dan cara penyampaian suatu pidato/ceramah.

Contoh Komnetar isi Pidato

Isi pidato tersebut sangat bagus. Isi dari pidato tersebut adalah mengajak kita untuk berhemat dengan menyimpan uang dibank sendiri atau celengan. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang diinginkan. Pidato tersebut mengajak kita untuk menyisihkan sebagian uang yang komunikatif sehingga dengan mudah dipahami.

Cara Menyampaikan Pidato

Cara penyampaikan pidato disertai dengan ekspresi yang tepat sehingga pidato yang disampaikan terkesan tidak monoton. Penggunaan kata-kata dalam pidato jugasngat komunikatif sehingga pendengar tertarik untuk mendengar sampai selesai. Pidato yang disampaikan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat membuat pendengar semakin tertarik.

Evaluasi

Dengarkanlah sebuah pidato atau ceramah ditelivisi, radio, atau pidato yang lain

Catatlah hal-hal yang kalian anggap penting

Berikan penilaian terhadap pidato tersebut baik dari segi penyampaian atau isinya

Hasil kerja dikumpulkan kepada guru bahasa indonesia

LESTARIKAN BUMIKU

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai,

Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudaraku, Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti. Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudaras-audara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat.

Saudara-saudaraku Sadarlah, sadarlah, bahwa lingkungan ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya. Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya. mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Terima kasih atas perhatian Saudara-Saudaraku. Sekian.

Setelah mendengar teks pidato yang disampaikan di atass, ada beberapa hal penting mengenai isi pidato yang dapat dicatat, yaitu sebagai berikut.

Adanya penebangan-penebangan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Dengan mengatasnamakan bisnis mereka mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu. 

Lingkungan merupakan sebuah kesatuan yang jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan rusak.  Kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan akan merusak kelestarian lingkungan.

Komentar terhadap pidato.

Isi pidato di atas sangat baik untuk menyambut hari lingkungan hidup. Namun akan lebih baik lagi jika pada pidato tersebut disampaikan juga cara pencegahan kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan sehingga pendengan mengetahui cara yang benar mengelola hutan.

Gaya dan penampilan  pidato sangat baik, artikulasi dan intonasi pada saat berpidato sudah tepat.

Bahasa yang digunakan pada pidato di atas sudah baik. Namun ada beberapa pilihan kata yang kurang tepat, misalnya kata oknum-oknum sebaiknya diganti dengan perseorangan karena dalam berpidato sebaiknya memilih kata yang lebih menguraikan, lebih gamblang, lebih sesuai, lebih personal, dan lebih menguatkan.