Pidato Dafa Bapak/ibu Guru, Yang Saya Hormati, Dewan Juri,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/Ibu Guru, yang saya hormati, dewan juri, yang saya hormati,

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai,

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada hari yang cerah ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat serta pengikutnya sampai pada akhir zaman.

Teman-teman yang saya banggakan,

Pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato singkat saya dengan tema Kejujuran adalah segalanya

Jujur artinya tidak curang, tidak berbohong. Jadi jujur adalah tidak bohong baik dalam ucapan maupun perbuatan. Dengan kejujuran kita dipercaya dan dihormati orang lain. Sekali saja kita membohongi orang lain, maka kepercayaan orang lain terhadap kita akan berkurang, atau bahkan kepercayaan orang lain akan hilang.

Kejujuran merupakan tanda bukti yang menentukan kadar keimanan dalam diri seseorang. Kejujuran pula yang menjadi nilai dari harga diri kita. Seseorang akan menghargai dan menghormati kita ketika kita melakukan sebuah kejujuran, dan sebaliknya seseorang akan merendahkan bahkan menghina kita ketika kita mencoreng nilai-nilai kejujuran.

Oleh sebab itu, Allah menyuruh orang-orang mukmin agar selalu berkata benar dan berlaku jujur. Allah berfirman, yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang jujur dan benar. (Al-Ahzab: 70)

Teman-teman yang dirahmati Allah, kejujuran adalah tiang agama. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, akhlak tidak sempurna, dan seorang manusia tidak sempurna menjadi manusia. Di sinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan. Rasulullah SAW telah bersabda :

Jika ia jujur, pasti dia akan masuk syurga

Orang yang mempunyai sifat jujur sangat bermanfaat sekali untuk dirinya dan juga untuk orang lain. Oleh karena itu, saya mengajak diri saya sendiri dan teman-teman semuanya untuk jujur dalam segala hal. Dan percayalah kejujuran akan membawa kita pada sebuah keberuntungan, Insyaallah.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

Wabillahitaufik Walhidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.