Pidato Hormat Kepada Orang Tua

Ass.wr.wb

Alhamdulilah.alhamdulilah wahdah

Wasolatu wasalamu ala rosulilah, wabi muhamadan abduhu warosuluh, lanabiya badah.Asyhadu ala ila hailallah wa asyhadu ana muhamadar rosulullah, astagfirallah hal adzim.astagfirallah hal adzim.astagfirallah hal adzim

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas perkenan Nya lah pada hari ini kita bisa hadir dalam keadaan sehat, nyaman tak kurang suatu apapun. Kesehatan adalah nikmat yang sungguh luar biasa yang Allah anugrahkan kepada kita semua.Salawat dan salam..senantiasa kita curahkan pada paduka alam Nabi besar, Nabi akhir zaman, manusia pilihan Muhamad SAW.

Para keluarganya, para sahabatnya, serta mudah-mudahan kita menjadi umat beliau yang setia sampai akhir zaman dan akhirnya menjadi penghuni syurga firdaus, yang abadi di alam baqa, amin ya robbal alamin

Dewan juri yang saya hormati, serta hadirin yang dimulyakan Allah SWT, perkenalakn nama saya.perwakilan dari kec. Cimanngu, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan judul HORMAT KEPADA ORANG TUA

Manusia adalah makhluk yang paling mulia, karena manusia dikaruniai akal yang sempurna.Untuk itu manusia harus memiliki akhlak yang mulia, diantaranya horamat kepada orang tua.

Nabi muhamad SAW adalah rosul utusan Allah yang terakhir, beliau diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia supaya berakhlakul karimah atau berakhlak mulia. Dengan berakhlak mulia hidup manusia menjadi baik dan terarah. Maka sebagai muslim kita wajib mempunyai akhlak yang mulia dengan meneladani sifat-sifat rasulullah SAW.

Hadirin yang berbahagia

Apabila kita meneladani sifat-sifat rasullah, pada saat ini yang tepat adalah hormat kepada orang tua. Allah telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selaian dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada bapak ibumu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang diantara keduanya sampai berumur lanjut bersamamu, maka rawat dan sayangilah ia dengan sepenuh hati dan janganlah sekali-kali mangatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka. Ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia momI love you very much, my dad is the best, youre very meaningfull for me.

Dewan juri yang saya hormati, serta hadirin yang berbahagia

Pada zaman sekarang ini masih banyak anak yang tidak sopan kepada kedua orang tuanya, dengan perkataan yang kasar, menjadikan orang tuanya pembantu, bahkan mengusir dan mengambil hartanya, naudzubilah himindalik.

Sesungguhnya Allah tidak akan pernah mengampuni hambanya, sebelum ia berbuat baik kepada orang tuanya.Karena rido Allah itu ada pada rido orang tua.

Mereka lupa kepada dirinya, Sembilan bulan ibu mengandung, melahirkan, menyusui, merawatnya dengan penuh kasih sayang. Mengobati dikala sakit, mendidik, bekerja banting tulang untuk mencari rezeki yang tiada lain untuk menghidupi anaknya dari sejak lahir ningga dewasa. Agar tumbuh sehat, cerdas, terampil, berakhlak mulia dan selalu ada dijalan Allah SWT.

Dalam sebuah hadis disebutkan,

Kami perintahkan kepada manusia agar selalu berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan bertambah lemah.

Oleh karena itu Allah memberika jaminan syurga bagi orang yang memulyakan kedua orang tuanya, terutama ibunya. Sebagaimana rasullah SAW bersabda,

Syurga itu ada ditelapak kaki ibu,

Pengorbanan seorang ibu itu tidak akan pernah terbalas oleh apapun, sebagaimana tersurat dalam sebuah lagu,

Kasih ibu kepada beta

Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi tak harap kembali

Bagai sang surya menyinari dunia

Hadirin yang berbahagia, serta dewan juri yang saya hormati

Berbakti kepada kedua orang tua, tidak hanya terbatas ketika meraka masih hidup bersama kita, tetapi sampai mereka pulang kerahmatullahpun kita terus diwajibkan untuk berbakti kepada mereka. Cara berbakti kepada mereka jika sudah meninggal dunia yaitu dengan mendoakan agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT dan mendapat tempat yang layak di sisiNya. Kita juga bias berziarah kemakamnya dan bersedekah materi maupun perbuatan untuknya. Karena ada tiga hal yang tidak akan terputus bagi orang yang sudah meninggal dunia, yaitu,

Ilmu yang diamalkan

Anak soleh yang selalu mendoakan

Sodakoh jariah

Hadirin yang berbahagia, serta dewan juri yang saya hormati

Saya cukupkan sampai disini, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Kalau ada sumur diladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau ada umur yang panjang

Boleh kita bertemu lagi

Bilahi taufik walhidayah,

Wasalamu alaikum wr.wb