Pidato Ketum Muscab Tarahan Sambutan Ketua Umum Spba Pusat

SAMBUTAN KETUA UMUM SPBA PUSAT

PADA MUSYAWARAH CABANG SPBA PELABUHAN TARAHAN

Tarahan, 15 September 2015

Yang Terhormat

Bapak General Manajer beserta para Pejabat di lingkungan Pelabuhan Batubara Tarahan

Para Pengurus SPBA cabang Tarahan dan rekan rekan pegawai lainnya yang saya banggakan

Assalammualaikum Wr. Wb,

Salam sejahtera dan salam solidaritas!

Pertama dan utama, marilah kita sampaikan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti hentinya memberikan hidayah dan nikmatNya, sehingga saat ini kita dapat berkumpul dalam kondisi yang sehat walafiat, dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Serikat Pegawai Bukit Asam cabang Pelabuhan Tarahan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkan saya mengucapkan selamat atas dilantiknya rekan rekan pengurus masa bakti 2015-2019.

Harapan saya, semoga mereka akan mampu menjalankan tugasnya dengan komitmen yang teguh, jujur serta memiliki loyalitas dan integritas moral yang tinggi. Ibarat pejuang sejati. hendaknya jiwa patriotisme, semangat membela kepentingan bersama dan rela berkorban, harus menjadi dasar tindakan rekan rekan pengurus yang baru dalam memperjuangkan keadilan dan aspirasi bersama.

Sebagai pengemban amanah, rekan rekan bukan saja diharapkan mampu mengakomodir seluruh kepentingan anggota dengan cerdas, namun juga mampu menyikapi dan mengambil keputusan yang arif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan hubungan industrial.

Rekan rekanku, para pengurus SPBA Cabang Pelabuhan Tarahan

Guna meningkatkan pemahaman dan menyelaraskan persepsi bersama, maka konsolidasi internal adalah aktivitas yang mutlak diperkuat dari waktu ke waktu. Demikian juga penyusunan program kerja cabang, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap eksistensi perusahaan dan kesejahteraan pegawai secara bersamaan. Seluruh program kerja yang telah disusun dan direncanakan tersebut, tentunya harus dapat direalisasikan dengan penuh tanggung jawab, karena perjuangan kita bukanlah semangat tanpa perhitungan, namun tau jelas apa yang ditargetkan dan tau bagaimana cara untuk mencapainya.

Dalam hal ini, saya berharap, Serikat Pegawai cabang Pelabuhan Tarahan dapat senantiasa bersinergi, memperkuat komunikasi dan menggalang kekompakan dengan Serikat Pegawai Pusat maupun cabang lainnya, agar kita semua dapat menjadi team kerja yang tangguh dan solid.

Ingatlah bahwa masa depan yang sejahtera, hanya berada dalam genggaman orang-orang yg GIGIH MEMPERJUANGKANNYA.

Demikian juga dengan keberhasilan, hanya akan berpihak pada mereka yang TEKUN MELAKUKAN PERUBAHAN, dibandingkan mereka yang PANDAI MELAKUKAN PERUBAHAN BESAR, namun TIDAK BERBUAT APA-APA.

Rekan rekan pegawai yang saya banggakan,

Dalam pasal 28 D ayat 2, amandemen UUD 45 disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk bekerja dan memperoleh imbalan, serta berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

Dengan demikian, jangan pernah ragu untuk melangkah dan bicara, apabila kondisi mengharuskan kita untuk melakukannya. Jangan pernah terpecah-belah dalam menyampaikan aspirasi, agar soliditas dalam memperjuangkan hak-hak kita bisa terjaga dengan baik.

Hubungan industrial yang harmonis harus dibangun diatas keselarasan dan kesepahaman yang sama. Kita tak bisa menampik kenyataan, bahwa hubungan antara pegawai dan manajemen kadang terlahir ibarat koin bermata dua, sarat akan potensi rawan perselisihan karena perbedaan kepentingan mendasar diantara kedua belah pihak.

Namun, jangan dilupakan, bahwa pegawai dan manajemen adalah kedua kelompok yang juga saling membutuhkan. Dengan demikian, perlu kiranya diciptakan kemitraan strategis agar kedua belah pihak dapat merasakan kerjasama yang saling menguntungkan dan manfaat yang positif.

Rekan rekan sekalian,

Beberapa waktu yang lalu, saya bersama pengurus SPBA Pusat telah melakukan audiensi perdana dengan Bapak Bapak Direksi di Tanjung Enim. Dalam kondisi dimana hanya sedikit waktu yang diberikan, saya dan rekan rekan berupaya melakukan negosiasi win win solution, diantaranya, dengan menyampaikan kesediaan SPBA menjadi mitra perusahaan dalam peningkatan kualitas perkembangan sosial melalui program CSR. Kita tau bahwa jika tidak dikelola dengan kiat kiat tertentu, masalah sosial dapat menciptakan potensi kerawanan yang cukup tinggi. Selain mampu juga menghancurkan reputasi perusahaan yang telah dibangun dengan susah payah, hanya dalam waktu sekejap saja.

Alhamdulillah, niat baik yang kami tawarkan tersebut mendapat tanggapan positif dari bapak bapak Direksi. Bahkan atas itikad baik kedua belah pihak , SPBA dan Direksi telah menandatangani pernyataan komitmen bersama, diantaranya menyangkut kesediaan manajemen mengikut sertakan SPBA dalam pengambilan keputusan strategis yang berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan.

Perjuangan memperoleh hak memang adalah hal yang mutlak dilakukan, namun perjuangan hanya akan membuahkan hasil yang baik jika dilakukan dengan kecerdasan emosional, kemampuan negosisasi yang baik, tertib, santun serta menghindari berbagai tindakan kemarahan dan kekerasan. Ketidaksamaan persepsi antara manajeman dan SPBA bukan berarti harus anarki, namun dengan strategi yang baik dan perundingan yang efektif, solusi yang paling menguntungkan akan dapat diperoleh dan dimenangkan

Hanya dengan komunikasi yang efektif, cara berfikir dan sikap mental positif, serta keikhlasan untuk mengorbankan kepentingan pragmatis demi tercapainya tujuan bersama, maka hubungan industrial yang kokoh, solid dan tangguh akan dapat terwujud. Hubungan industrial yang terjalin harmonis, pada gilirannya akan dapat melahirkan kekuatan daya saing perusahaan yang luar biasa, dalam menghadapi krisis ekonomi dan krisis persaingan global.

Saudara saudaraku ,

Saya tau, betapa besarnya sumbangsih dan jerih lelah yang telah diberikan oleh rekan rekan pengurus SPBA cabang Tarahan periode 2012-2105 dalam rangka menciptakan hubungan industrial yang harmonis. Ucapan terima kasih saja tidak mampu membalas jasa dan pengorbanan kalian semua, doa saya, semoga segala kebaikan dan jasa-jasa yang telah diberikan akan mendapat balasan yang sepadan dan setimpal dari Allah SWT

Akhirnya rekan rekan, bahwasanya sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya

Kita semua pasti punya mimpi, namun tidak semua memperjuangkannya dengan kegigihan,

Jangan pernah takut untuk meraih mimpi, namun berjuanglah untuk meraihnya tanpa lelah dan dengan sepenuh hati. Sedikit atau banyak hasillnya, itulah karunia.

Selamat berjuang, semoga, Allah SWT senantiasa menyertai langkah kita dengan lindungan dan limpahan karuniaNya..amiin Ya Robbal Alamin..

Demikian sambutan saya, Wabillahi Taufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Umum SPBA Pusat 2015-2018

Ir. H. Rakhmatullah

4