Pidato Leeek Tugas Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Antara

Tugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai antara lain adalah pemberantasan penyelundupan sesuai dengan kewenangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang tercantum dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan.

Tugas pemberantasan penyelundupan tersebut dibagi dalam dua tugas pokok yaitu:

Bidang operasional beserta sarana dan pelaksana pendukungnya.

Bidang intelijen yang terdiri dari intelijen taktis dan analisis intelijen.

Hal yang terpenting dalam sarana dan prasarana pendukung dalam melaksanakan tugas-tugas adalah faktor sumber daya manusia. Tentunya sumber daya manusia yang terampil, cerdas, dan berkualitas. Untuk itu diperlukan pembinaan melalui diklat intelijen taktis ini yang memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dan praktek lapangan kegiatan intelijen taktis yang sangat berguna bagi peserta untuk menjalankan tugas di lapangan kedepannya.

Diklat intelijen taktis ini akan berlangsung selama dua minggu, dilaksanakan dari tanggal 20 Januari hingga 2 Februari 2014. Materi yang akan disampaikan berupa mata pelajaran pokok yang terdiri dari konsep intelijen, sasaran operasi intelijen taktis, pemetaan dan pelaporan, serta kegiatan intelijen taktis. Dilanjutkan dengan penyampaian materi berupa mata pelajaran penunjang yaitu administrasi dan sarana kegiatan intelijen. Kemudian ditambah dengan materi simulasi, ceramah, serta orientasi.