Pidato Ibu Rohani Yang Saya Hormati,

Ibu Rohani yang saya hormati,

Teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan,

Om Swastyastu,

Sebelum saya memulai pidato ini, marilah bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya lah kita disini dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat.

Di kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Menuju Masa Depan dengan Memahami Makna Belajar yang Hakiki.

Dewasa ini, belajar adalah sebuah hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Belajar adalah sebuah proses, dari hal yang tidak diketahui, menjadi diketahui. Namun sekarang, telah terjadi pergeseran makna belajar, dimana belajar adalah sarana untuk mengejar nilai semata. Tujuan belajar yang sebenarnya adalah mengetahui hal-hal yang baru, untuk dapat digunakan di masa depan. Intinya adalah ilmu, tingkatkan dulu kualitas, masalah nilai pasti akan mengikuti.

Belajar juga merupakan suatu proses untuk memahami keadaan. Charles Robert Darwin dalam bukunya On The Origin of The Spesies By Means of the Natural Selection, menyatakan istilah Survival of The Fittest, yang artinya dalam setiap kompetisi, yang akan menang bukan yang paling pintar, bukan yang paling kuat, tetapi yang akan menang adalah yang paling responsive terhadap perubahan. Dengan demikian, belajar