Pidato Tentang….. Yang Terhormat Ibu Nurhayana Dan

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Ibu Nurhayana dan teman-teman yang saya sayangi. Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena Dia-lah, kita dapat berkumpul disini dengan sehat wal’afiat. Sholawat dan Salam kita junjungkan ke nabi kita Muhammad saw., keluarganya serta umatnya hingga akhir zaman. Para hadirin sekalian, saya akan menyampaikan pidato mengenai "Dampak Teknologi Modern di Kalangan Remaja".

Teknologi terus berkembang dari dahulu kala hingga sekarang. Teknologi dibuat untuk membantu pekerjaan/kegiatan makhluk hidup agar lebih mudah dilakukan.Teknologi zaman ini juga disebut teknologi modern. Contoh teknologi modern itu seperti Handphone/Smartphone, Laptop, Internet, Proyektor dan lain-lain.Teknologi modern telah menyebar ke kalangan remaja. Karena di zaman sekarang, sangat diperlukan untuk remaja menggunakan teknologi modern untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.

Banyak manfaat dari menggunakan teknologi modern untuk remaja, yaitu lebih mudah mendapat ilmu/informasi dari internet, pelajaran dapat dibagi-bagikan (Sharing), mudah dalam berkomunikasi jarak jauh, dan lain-lain. Mendapat ilmu/informasi dari internet hanya dengan cara melakukan browsing dan mencari informasi yang ingin kita cari. Pelajaran dapat dibagi-bagi lewat dunia maya dengan membuat website yang membuat posting-an tentang pelajaran atau membagikan buku elektronik(e-book)/gambar yang berisi ilmu pengetahuan lewat email. Dan mudah dalam berkomunikasi jarak jauh karena sudah ada handphone untuk menelepon atau mengirim pesan ke telepon/handphone lain.

Manfaat teknologi modern terhadap remaja sangat banyak, tetapi terdapat juga dampak negatif, contohnya remaja akan membuka situs berbahaya dari internet, remaja akan menjadi pemalu saat berbicara di muka umum, remaja bisa tertipu oleh orang yang melakukan kejahatan internet (cybercrime) dan masuk dalam jebakannya. Remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dia akan mencari tahu segala sesuatu yang tidak ketahuinya, dan karena itu remaja akan buka situs yang tidak ketahuinya apakah itu situs yang dilarang dibuka ataupun bukan. Kemungkinan remaja akan memiliki rasa pemalu yang tinggi bila sudah ketergantungan terhadap teknologi, karena remaja tersebut menghabis waktunya lebih banyak berkomunikasi lewat sosial media daripada langsung. Remaja menjadi tak terbiasa dan jadi pemalu karena itu. Di dunia maya juga terdapat kejahatan yang terjadi yang biasa dipanggil cybercrime. Kebanyakan incaran para penjahat cybercrime adalah remaja dan orang yang masih pemula dalam menggunakan internet.Remaja akan menjadi generasi yang mengecewakan bila telah terkena dampak negatif dari teknologi modern.

Manfaat dan dampak negatif yang didapat dari teknologi modern akan didapat sesuai dari penggunaan dan pengetahuan remaja dalam memakai teknologi modern tersebut. Bila remaja menggunakannya secara baik, maka akan mendapat manfaatnya. Dan juga sebaliknya, bila remaja tidak menggunakannya secara baik, maka akan mendapat negatifnya. Dengan itu, kita sebagai remaja, harus mengetahui cara menggunakan teknologi modern dengan baik dan benar, agar kita menjadi generasi yang mengharumkan nama bangsa kita, yaitu bangsa Indonesia!

Sekian pidato dari saya. Terima kasih telah memperhatikan pidato saya. Bila ada kesalahan kata, saya mohon maaf, dan kepada Allah, saya mohon ampun.

Wassalamualaikum wr. wb.