Pidato B.ind Belajar : YUNIKA REZA R. IX A/34

YUNIKA REZA R. IX A/34

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua..

Yang terhormat, Bapak Kepala SMP N 3 Purwokerto , Bapak/Ibu Guru,staf dan karyawan yang kami hormati, serta teman-temanku kelas 9 , adik-adik kelas 8 dan 7 yang saya cintai.

Pertama-pertama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Tuhan YME, karna atas rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat tak kurang suatu apapun. Trimakasih untuk kehadiran Bapak/Ibu, serta teman-teman kelas 7,8,9. Hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang bagaimana kita dapat meningkatkan metode pembelajaran yang lebih efektif tetapi juga bermanfaat.

Dalam pembelajaran, tentunya harus didasari dengan niat dan motivasi yang tulus untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Misalkan kita mempunyai motivasi untuk dapat membahagiakan orang tua atau ingin sukses . Itu sangat mendukung kita untuk semakin maju dan tidak mudah menyerah.

Belajar merupakan suatu kewajiban bagi kita semua. Akan tetapi, kadang kala kita lupa dengan kewajiban kita yang satu ini karena disibukan dengan aktivitas lain. Dengan kata lain, kita sering kekurangan waktu untuk memaksimalkan proses belajar kita. Jika ini terjadi, ada baiknya kita pandai-pandai menyiasati waktu yang kita punya untuk belajar secara efektif. Keuntungan dari belajar efektif ini adalah kita akan lebih cepat mengerti tentang materi yang sedang kita pelajari. Selain itu, kita juga dapat menghemat waktu untuk belajar sehingga dapat mengalokasikan kelebihan waktu tersebut untuk mengerjakan hal-hal lain yang juga menyenangkan. Pastinya kita semua ingin bermain,jalan2 sekedar untuk merefreshingkan pikiran. Hal ini wajar apalagi bagi kita yang menginjak remaja.Oleh karna itu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjalani proses belajar yang efektif antara lain;

Berdoa agar diberikan kemudahan dalam menyerap ilmu saat belajar.

Jangan hanya menghafal tetapi juga dimengerti

Belajar sambil diskusi atau individu

latihan soal agar pemahaman kita akan materi tersebut semakin terasah.

Jangan malu-malu untuk bertanya jika ada hal yang tidak kita ketahui,karna guru tidak akan marah atau kesal jika ada murid yang bertanya.

Itulah beberapa cara sederhana bagi kita untuk menciptakan suatu proses belajar yang efektif. Rasakan jika belajar adalah sebuah hal yang menyenangkan dan bukan paksaan orang tua atau guru. Belajarlah pada saat-saat yang menyenangkan dan mendukung. Jadi belajar adalah tanggung jawab kita kepada Tuhan, Orang Tua, Sekolah dan Bangsa kita. Semoga kita semua dapat meningkatkan pembelajaran kita dengan seefektif mungkin. Sehingga tak sia-sia kita menempuh 3 bulan di sekolah ini untuk meneruskan ke sekolah yang berkualitas demi masa depan yang cerah.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan tutur kata dan sikap  yang tidak berkenan dihati teman-teman. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply