Berbagai Contoh Pidato Tentang Narkoba

Contoh pidato narkoba dikalangan siswa dan remaja (generasi muda) di Indonesia – Assalamu’alaikum Wr Wb Yang terhormat Bapak kepala sekolah. Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha Juga teman-temanku semuanya… Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Perkenalkan, Nama saya … perwakilan dari .. Yang terhormat. Bapa/Ibu …. Dan semua teman-teman yang hadir di sini.

Hadirin sekalian,

Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hadirin Sekalian… Ribuan pemuda telah menyia-nyiakan hidup mereka karena obat terlarang di negeri kita, Indonesia. Mereka kebanyakan korban dari lingkungan yang ‘kejam’, keluarga broken home, dari kebodohan, dari rasa keingin tahuan atau juga dari korban para mafia narkoba. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari sepuluh orang anak muda adalah pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh kantor (ILO) Organisasi Buruh Internasional di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap. Beberapa remaja mulai terlibat dalam memproduksi obat-obatan dan yang memperdagangankannya antara usia 13 dan 15 tahun. Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara ii berjumlah sekitar 7.000 siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMU dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Hadirin sekalian

Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka atau orang lain.

Hadirin sekalian

Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab "Narkoba" dikalangan generasi muda kita. Hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita agar terhindar dari bujuk rayu para mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan obat? kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jerat tersebut.

Hadirin sekalian…

Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut.

Hadirin Sekalian…

Terima kasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Wasalam…

 

disayangkan oleh kita semua yang merasa satu generasi. Mereka ada yang hamil diluar nikah,ada yang ikut geng motor, ada yang bolos sekolah ada yang jadi pecandu narkoba dan lainsebagainya. Sehingga generasi kita tercoreng oleh tingkah segelintir dari generasi muda (teman-teman kita) yang tidak bertanggung jawab.Teman-teman yang saya banggakan.Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran kiranya untuk selalu salingmengingatkan akan bahaya-bahaya dan dampak yang akan ditimbulkan dari pergaulan bebas diatas, pergaulan negatif di atas. Jangan sampai kita jadi korban dari pergaulan bebas tersebut.

Contoh Teks Pidato Tentang Pengaruh Facebook

 Assalamualaikum wr wb, Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tamamarilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat danhidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyakterimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang dampakatau pengaruh Facebook terhadap anak anak remaja, lingkungan, orang tua, maupun terhadap diri kitasendiri.Sebelumnya saya akan menyampaikan tentang batasan batasan permasalahan yang akan sayasampaikan pada kesempatan kali ini. Baik dari sisi negatif maupun positifnya. Kalau ditilik dari sisifositifnya. Facebook memang sangat berguna, debagai contoh, tidak sedikit banyak orang yang sedangkesusahan dan perlu bantuan terbantu dengan penggalangan dana dari para facebooker, tidak sedikitpula orang-orang yang telah kehilangan jejak akhirnya bisa bertemu kembali karena keberadaan jejaringan pertemanan ini.Namun sangat disayangkan, pengertian akan kegunaan facebook itu sendirii masih belum begitu bisadipahami oleh sebagian dari kita ini, banyak orang yang terjerumus karena tipu muslihat dari orang-orang yang dengan sengaja menarik keuntungan dari kelemahan orang-orang disekitar kita yang kurangberhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan ini. tidak sedikit juga dari mereka yang banggaakan banyaknya teman yang mereka punyai, tanpa mereka sadari kalau dari sekian banyaknya temantersebut terselip segelintir orang yang memang sengaja akan memanfaatkan kelemahan kita.Maka daripada itu saya sarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih teman, batasi orang-orang yangakan kita ADD/tambahkan. pilihlah orang-orang yang memang betul-betul mengenal kita. jangansembarangan menambahkan atau menerima orang-orang belum benar-benar kita kenal, apalagimereka-mereka yang menggunakan nama samaran.Para hadirin yang berbahagia, alangkah bijaknya kalau kita lebih memperioritaskan diri kita kedalam hal-hal yang lebih fositif dalam menggunakan jejaring pertemanan itu. Kita harus lebih bijak dalam

 

menggunakannya. Kita juga harus lebih memahami arti atau manfaat dari facebook tersebut. Janganlahkita sampai lupa akan segala sesuatu dikarenakan facebook tersebut. Kita lupa akan waktu, lupa akansaudara, teman yang udah pasti keberadaannya sejak dulu dan selalu menemani kita disaat kita belummengenal facebook.Para hadirin yang dimuliakan, sebetulnya masih banyak hal ingin saya sampaikan dikesempatan yangberbahagia ini, namun mudah-mudahan dengan sedikit pidato yang telah saya sampaikan tadi, bisamenjadi satu pelajaran berhaga, apalagi telah banyaknya korban yang mungkin bisa kita jadikan contohagar kita lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring pertemanan tersebut.Terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya dikesempatan yangberbahagia ini, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

Contoh Pidato Anti Narkoba

 

 Assalamualaikum Wr Wb

 Yang terhormat kepala sekolahYang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata UsahaDan teman-teman yang saya cintaiMarilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehinggakita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesiapara pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperolehkeuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampakyang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan,menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruhajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi olehpara remaja dan anak sekolah.Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat daripenyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaanuntuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup pentingadalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba,mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

 

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untukpencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaikyang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkobayang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak jugaUntuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlahpidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atasperhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamualaikum WrWb.

ranya :1. Berbusana yang sopan dengan melihat situasi, macam latar belakang pendengarnya, acarayang akan disuguhkan panitia.2. Pergunakan bahasa yang sopan dan komunikatif sesuai dengan tingkat bahasa pendengarnya.Pergunakan bahsa baku jika berpidao dalam forum resmi, misalnya : seminar, rapat, sidang dsb.3. Materi pidato harus sesuai dengan yang diinginkan pndengar. Jangan menggunakan materiyang justru bertentangan dengan kemauan, adat, norma, agama atau tatanan yang dianut olehmasyarakat pendengar.4. Penampilan harus dengan rasa percaya diri, tidak minder rendah diri, takut, bingung ataugrogi. Jangan memfonis pendengar dengan memaksakan pendapat atau kehendak.

NASKAH PIDATO

By. Hamka Hasyim

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dikalangan Pelajar

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Majene,

Yang saya hormati Bapak Para Wakasek SMK Negeri 2 Majene,

Yang saya hormati Guru Mata Diklat Bahasa Indonesia SMK Negeri 2 Majene,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru, Staf Tata Usaha SMK Negeri 2 majene,

Serta teman-teman yang saya cintai.

              Marilah kita semua panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan yang sederhana ini, guna melaksanakan Ujian Praktek Mata Diklat Bahasa Indonesia. Tidak lupa pula kita kirimkan salam dan shalawat kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W yang telah membawa kita semua kejalan yang benar. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dikalangan Pelajar

              Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.  Sementara nafza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya (obat-obat terlarang, berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut).

              Di Indonesia, pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar.

              Pada awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok. Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajar di kalangan pelajar saat ini. Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus meningkat, apalagi ketika pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pencandu narkoba. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan.

              Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan pelajar adalah sebagai berikut :

1.      Perubahan dalam sikap, dan kepribadian,

2.      Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,

3.      Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,

4.      Sering menguap, mengantuk, dan malas,

5.      Tidak memedulikan kesehatan diri,

6.      Suka mencuri untuk membeli narkoba.

              Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, sudah menjadi tanggungjawab kita bersama.

              Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin.

              Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang.

              Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, dengan melakukan diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, dan melakukan razia dadakan.

              Yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka jalani.

              Untuk itu marilah kita semua hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan atau penyalahgunaan narkoba, khususnya di sekolah kita ini.

              Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Bahaya Narkoba
Contoh Teks | Naskah Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Dikalangan Siswa dan Remaja

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Jumlah pengguna narkoba di Indonesia setiap waktunya semakin hari semakin begitu besar, hal tersebut mungkin dikarenakan lemahnya penegakan hukum di Indonesia sehingga para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu saja membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai salah satu contoh dari dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya yang semakin merajalela dan semakin meningkat.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamualaikum WrWb

Ketahui sekarang, Seperti Apa Pidato yang menghipnotis?Klik disini

Top of Form

Bottom of Form

Contoh pidato ini ber tema Narkoba
Judul : Bahaya Mengkonsumsi Narkoba

Contoh pidato ini sebenarnya bisa diterapkan dalam aneka acara kepemudaan. Anda bisa menambahkan atau mengurangi atau menyempurnakan contoh pidato ini agar lebih pas dengan suasana atau tema acara dimana Anda akan tampil sebagai pembicara.

Inilah contoh pidato yang bisa Anda nikmati sekarang.

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang saya hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 32 Bekasi yang bapak banggakan

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Banyak sekali berita-berita yang menayangkan betapa anak muda begitu mudah menjadi korban narkoba. Bahkan bukan hanya kalangan remaja saja melainkan berbagai kalangan termasuk artis dan pejabat.

Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.

Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Inilah kiranya kesimpulan dari apa yang bapak temukan dri berita-berita. Para pengedar kini makin nekat untuk memperbanyak korban bahkan sampai kepada murid SD sekalipun. Ini sungguh keterlaluan.

Kalau dirata-ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar kalian kapan saja.

Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 32 Bekasi yang bapak cintai.
Mungkin kalian juga pernah mendengar apa itu narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Sementara nafza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya (obat-obat terlarang, berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut).

Kedua istilah tersebut sering digunakan untuk istilah yang sama, meskipun istilah nafza lebih luas lingkupnya.

Narkotika berasal dari tiga jenis tanaman, yaitu (1) candu, (2) ganja, dan (3) koka.

Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai keadaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi obat-obat terlarang secara berulang-ulang atau berkesinambungan. Apabila tidak melakukannya dia merasa ketagihan (sakau) yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan perasaan sakit yang sangat pada tubuh.

Hati-hatilah jangan sampai kalian terjerumus karena sekali terjebak maka sulit untuk keluar. Di Indonesia, pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar.

Pada awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok.

Karena kebiasaan merokok ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajar di kalangan pelajar saat ini. Dari kebiasaan inilah, pergaulan terus meningkat, apalagi ketika pelajar tersebut bergabung ke dalam lingkungan orang-orang yang sudah menjadi pencandu narkoba. Awalnya mencoba, lalu kemudian mengalami ketergantungan.

Inilah dampak negatif penyalahgunaan narkoba bagi para korbannya :

perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,

sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,

menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,

sering menguap, mengantuk, dan malas,

tidak memedulikan kesehatan diri,

suka mencuri untuk membeli narkoba.

Lalu bagaimana cara mengatasinya jika terlanjur terjerumus menjadi korban Narkoba?
Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua kalian, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba ini.

Tetapi yang lebih menentukan adalah kalian sendiri karena kalianlah yang memilih hidup kalian. Orang lain mungkin hanya memberi saran jangan sampai kalian menjadi korban. Tetapi ketika kalian lepas kontrol diri dan sembarangan dalam memilih teman bergaul maka kondisi sangat rentan, bisa-bisa kalian jadi korban. Karenanya hati-hatilah.

Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 32 Bekasi yang bapak banggakan.
Para pengedar Narkoba sedang mengincar kalian kapan saja dan dimana saja. Mereka akan menggunakan berbagai cara agar kalian bisa tergoda untuk mencobanya. Karena dengan mencobanya maka lambat laun kalian akan ketagihan. Dan jika sudah ketagihan maka berati mereka sudah berhasil merekrut satu lagi korban yang siap menjadi konsumen mereka.

Mereka, para pengedar, tidak akan mau tahu kalian dan tidak pernah peduli dengan kehidupan kalian dimasa depan. Yang jelas mereka sedang memburu kalian dan siap-siap menghancurkan masa depan kalian. Maka tiada pilihan lain kecuali kalian tetap waspada dan mampu membawa diri untuk tidak terpancing oleh rayuan mereka sehingga kalian mencoba. Kasihanilah hidup kalian, kasihanilah masa depan kalian, kasihanilah orang yang melahirkan dan membesarkan yaitu orang tua.

Semoga kalian diberi kekuatan untuk tidak terjerumus menjadi korban narkoba. Sekian dulu dari bapak. Semoga apa yang bapak sampaikan dapat bermanfaat buat kita semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

Leave a Reply