Pidato : KIAT MENGGAPAI CITA-CITA

KIAT MENGGAPAI CITA-CITA

Assalamualaikum wr.wb

Bapak dan ibu guru yang saya hormati serta teman-teman yang berbahagia, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada pagi hari ini kita masih diberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul dikelas ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada pagi hari ini saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat yang berjudul kiat menggapai cita-cita.

Ketika masih kecil masih ingat dalam angan kita dimana, akan selalu ditanya, apa cita-citamu jika besar nanti? Yang tergambar dalam benak kita ketika ditanya seperti itu adalah terbayang bahwa saya menjadi seseorang yang begitu membanggakan, dikagumi banyak orang dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

Yang mungkin angan-angan itu hampir sama antara satu orang dengan orang lainnya, yang membedakan adalah apa cita-cita yang diinginkan, akhirnya ada jawaban yang berbeda menurut pola pikir masing-masing. Ada yang ingin menjadi Dokter, Tentara, Polisi, Guru, bahkan menjadi seorang Presiden. Dimana semua adalah angan angan setiap orang.

Sehingga dalam kehidupnnya setiap manusia pasti memiliki cita cita yang baik, cita cita yang setinggi langit yang mudah untuk dicapai, namun bila kita hadapi akan penuh dengan tantangan. Namun terkadang cita-cita itu ada yang benar-benar terwujud ada yang tidak, karena dalam perjalanan hidup orang pada saat titik tertentu akan mengalami sebuah metamorfosis, dan menjadikan pergeseran harapan, angan-angan dan keinginannya.

Namun dalam mewujudkan cita cita tersebut asalkan kita berupaya dengan segala kesungguhan hati dan keteguhan jiwa tentu cita-cita bukan satu yang rumit dan merupakan perwujudan dari keleluasaan serta kedewasaan berpikir.

Hal-hal yang perlu kita lakukan dalam mewujudkan cita-cita tersebut adalah :

Yakin dan Percaya, dengan selalu ingat dan berserah diri pada Tuhan Yang Maha Esa yang disertai dengan usaha dan tindakan.

Tahu Kemampuan Diri, cita cita kadang tidak tercapai karena terlalu memaksakan diri tidak dapat melihat kemampuan kita sampai dimana, kita harus menyadari akan kelebihan dan kekurangan kita sehingga dalam menetapkan langkah dalam mencapai cita cita tidak akan salah.

Berpikir Luas, dengan ikhlas hati mau menerima nasehat dan petuah sehingga semakin menambah wawasan kita dalam menetapkan cita cita tersebut.

Belajar dari pengalaman, karena pengalaman adalah sesuatu yang berharga dan merupakan guru yang baik dalam kehidupan, maka manusia harus bisa dan mempu mengambil hikmah dari apa yang telah dilakukan dimasa lalu, sehingga dapat menentukan arah yang tepat dalam menggapai cita cita tersebut.

Jangan putus asa, tidak setiap cita cita dan keinginan itu berhasil, maka kita harus tahu diri dan tidak cepat berputus asa, karena putus asa akan menghancurkan cita cita itu sendiri, kegagalan anggaplah sebagai suatu keberhasilan yang tertunda.

Jangan Lengah, untuk mencpai suatu keberhasilan dalam hidup hendaknya kita selau waspada dengan bersikap siap dan tanggap dalam berbagai hal, kesempatan itu ibarat kekasih, hanya orang yang selalu memperhatikan yang dihampiri, namun jika kita terlambat akan disambut yang lebih tanggap dan siap, dan perlu diingat bahwa kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya.

Ingat jasa orang lain, dalam hidup ini kita tidak dapat berjalan sendiri tentunya harus interaksi sama orang lain, dan tidak akan mungkin kita berhasil tanpa bantuan dari orang lain, maka sekecil apapun bantuan dari orang lain itu kita mesti selalu mengingat dan mengenangnya yang dikemudian hari pasti akan bermanfaat.

Ada beberapa tips untuk menggapai cita-cita, diantaranya :

Ketahuilah apa bakat yang kamu miliki

Setelah itu carilah cita-cita yang sesuai dengan kemampuanmu itu

Sejak dini diberi pelatihan-pelatihan secara rutin

Pelajari dengan sungguh-sungguh ilmu yang akan membantu kamu dalam menggapai cita-cita

Jangan berputus asa dan pantang menyerah

Punya prinsip bahwa kegagalan ada keberhasilann yang tertunda

Jika kamu mengalami kegagalan carilah penyebab kegagalan tersebut setelah itu perbaiki dengan niat yang tulus.

Jika tujuh hal diatas kita mampu melaksanakannya, dengan sepenuh hati disertai dengan kepasrahan pada Yang Maha Kuasa, maka cita-cita kita untuk menjadi seseorang yang kita angankan akan menjadi lebih mudah dan jauh dari kata rumit dan sulit.

Incoming search terms:

  • pidato tentang cita cita
  • pidato cita cita
  • pidato meraih cita cita
  • pidato tentang cita-cita
  • contoh pidato tentang cita cita
  • Pidato menggapai cita cita
  • pidato cita cita singkat
  • contoh pidato cita cita
  • pidato singkat tentang cita cita
  • Pidato cita-cita
loading...

Leave a Reply