Bindo PIDATO : Puji Syukur Kita Panjatkan Kepada Allah S.W.T

Assalamuaikum wr,wb
puji syukur kita panjatkan kepada Allah S.W.T karena atas rahmat-Nya,kita semua dapat berkumpul disini.Tidak lupa sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad S.A.W yg telah membawa kita dari jaman kegelapan menuju jaman yg terang benderang ini.

Saudara-saudara yang saya hormati,
mendengar istilah pendidikan tentu sudah tidak asing lagi,apalagi saat ini kita sedang berada di kawasan kampus pendidikan yang akan mencetak seorang guru.sebelum menjadi guru, apakah kalian tau sejauh mana kondisi pendidikan di negara kita ini????

Berdasarkan Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia, Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.
miris bukan bukan kondisi pendidikan kita ini???

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Lantas bagaimana solusinya???
Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, secara garis besar ada dua solusi yang dapat diberikan yaitu:

Pertama, solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini, diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme yang berprinsip antara lain meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.

Kedua, solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan.Misalnya rendahnya kualitas guru, di samping diberi solusi peningkatan kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru. Rendahnya prestasi siswa,diberi solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat peraga dan sarana-sarana pendidikan, dan sebagainya.

Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional.Harapan saya kelak saudara-saudara dapat menjadi guru yang akan mencetak anak didik yg berprestasi.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan,kurang lebihnya saya minta maaf.
wassalamuaikum wrwb

Leave a Reply