Pidato : Dampak Globalisasi Terhadap Bahasa Indonesia

Dampak Globalisasi Terhadap Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman yang saya banggakan. Puji serta syukur, marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga, sehingga sampai saat ini kita dapat merasakan nikmatnya jasmani dan rohani dengan segala kesempurnaan yang dimiliki-Nya

Di era globalisasi ini, banyak sekali perubahan hal-hal baru, ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa kita dapatkan dan rasakan dengan cepat, diantaranya ialah masuknya budaya dan ideologi dari bangsa lain, barat maupun timur, dan juga dampak terhadap bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Banyak manfaat dan juga kekurangan dari dampak globalisasi terhadap bahasa Indonesia. Dari segi positifnya bahasa kita sudah mulai dikenal oleh dunia internasional, terbukti ada beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia, karena menurut mereka negeri kita ini adalah negeri yang subur dan kaya raya, yang mempunyai bermacam-macam budaya, flora fauna, serta potensi-potensi lainnya yang sangat membanggakan kita. Maka berbanggalah kita !

Dampal lain yang kita rasakan saat ini ialah sepertinya orang-orang Indonesia sudah tidak mengidolakan bahasanya sendiri, banyak orang yang lebih bangga dan membangga-banggakan menggunakan bahasa negeri orang lain. Ini adalah dampak yang negatif, suatu hal yang tidak lazim bukan? Di mana di Negara lain bahasa kita serius di pelajari mereka, sedangkan kita sendiri sebagai warga Negara ini sudah acuh tak acuh terhadap bangsa Indonesia. Lalu, apa akibatnya jika ini lama berlangsung? Tidak hanya budaya kita yang di ambil Negara lain, tetapi juga bisa jadi bahasa kita di ambil Negara lain.

Menurut saya, salah satu penyelesaiannya ialah mengajarkan kepada geneasi muda dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan etika dan budaya bangsa kita sehingga para generasi muda kita akan meneladani itu semua. Jikalau para orang tuanya saja sudah tidak dapat meneladani , pada siapa lagi saya selaku generasi muda harus belajar penggunaan bahasa yang baik. Apa kata dunia ?

Baik, sekian sampai disini pembahasan yang saya sampaikan. Kesimpulannya, marilah kita pelajari bahasa kita sendiri dengan baik dan benar. Banggakanlah budaya dan bahasa kita agar kita menjadi warga Negara Indonesia yang seutuhnya.

Merdeka . . ! merdeka . . ! merdeka . . !

Demikianlah dari awal sampai akhir tadi, apa yang telah saya sampaikan pasti ada kekurangannya, karena saya pun masih dalam tahap pembelajaran. Mohon itu semua di maafkan. Jika ada kegunaan dan manfaatnya, marilah kita ambil untuk kemajuan bersama. Atas perhatian bapak dan ibu guru, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply