Pidato Global : Shifa Fauziyah XII A 4/35

Shifa Fauziyah XII A 4/35

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Marilah pada kesempatan yang baik ini kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat menghadiri peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Saya ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini, untuk mengingatkan kita semua tentang arti pentingnya menyelamatkan lingkungan hidup, baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang. Semoga peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini, dapat menyadarkan kita untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup di sekitar kita.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam satu abad terakhir terakhir terjadi peningkatan suhu permukaan bumi, selain diakibatkan oleh emisi bahan bakar fosil, kerusakan hutan dan lahan, juga diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. Peristiwa ini kita kenal dengan global warming atau pemanasan global, yang menyebabkan perubahan iklim dunia. Peningkatan panas di bumi, juga menyebabkan es di kutub mencair, sehingga permukaan air laut meningkat dan dapat mengakibatkan tenggelamnya pulau-pulau kecil.

Bagi kita, dampak pemanasan global menjadi sangat serius, mengingat secara geografis posisi negeri kita sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim. Sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 buah pulau, berlangsungnya pemanasan global dapat berakibat pada ancaman tenggelamnya pulau-pulau kecil yang tersebar di tanah air.

Hadirin yang saya hormati,

Apa yang saya kemukakan tadi, tentu saja bukanlah untuk menakut-nakuti. Kita telah mulai mengalaminya. Banjir, longsor, perubahan cuaca, hingga gelombang pasang yang menghantam sebagian pesisir pantai di tanah air baru-baru ini, adalah dampak nyata dari kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, kita tidak dapat berdiam diri. Atau menyesalinya. Kita harus berupaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan itu.Misalnya,dengan mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang merupakan salah satu factor utama penyebab pemanasan global.

Akhirnya, sekali lagi semoga peringatan hari lingkungan hidup sedunia kali ini dapat semakin menyadarkan kita akan makna dan hakekat dari persoalan lingkungan hidup.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian, serta menjauhkan bangsa dan negara kita dari bencana yang tidak pernah kita duga.

Terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,.

Leave a Reply