PIDATO : BAHAYA MENGKONSUMSI MINUMAN RINGAN BAGI

BAHAYA MENGKONSUMSI MINUMAN RINGAN BAGI KESEHATAN

Assalamuaaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tercurah-limpah kepada Nabi junjungan alam Muhammad saw, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan semoga sampai kepada kita selaku ummatnya yang senantiasa mengamalkan dan memperjuangkan diinul-Islam hingga akhir jaman. Amin. Tidak lupa saya ucapakan terima kasih kepada para hadirin yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir pada pertemuan ini.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini perkenanlah saya untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Bahaya Mengkonsumsi Minuman Ringan bagi Kesehatan.

Siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kata-kata tersebut pernah menjadi iklan sebuah perusahaan minuman ringan. Penjajahan minuman ringan memang terjadi di seluruh pelosok dunia, termasuk Indonesia. Permintaan mengkonsumsi minuman ringan meningkat menyebabkan perubahan pola makan masyarakat. Produksi minuman ringan terbukti telah menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Namun, di sisi lain, peningkatan konsumsi minuman ringan di seluruh dunia telah menimbulkan kecemasan yang luar biasa di kalangan dunia kesehatan. Banyak penelitian yang telah membuktikan dampak negatif minuman ringan bagi kesehatan tubuh manusia menjadi penyebab penyakit degeneratif.

Pembuatan produk minuman ringan yang menggunakan komposisi produk yang tidak aman, yaitu minuman yang mengandung bahan-bahan aditif yaitu pemanis yang memiliki kadar gula yang tinggi. Misalnya aspartam dan siklamat. Kedua zat itu banyak terkandung dalam minuman yang dampaknya diketahui sebagai penyakit kanker dan leukemia bahkan berpotensi memicu keterbelakangan mental akibat penumpukan Fenilalanin menjadi Tirosin pada jaringan syaraf. Beberapa produk, seperti Okky Jelly Drink, Okky Bolo Drink, Happydent White, Yulie Jelly, Donna Jelly, Lotte Juicy Fresh, Vidoran Freshdrink, Naturade Gold, Pop Ice, Jasjus, Nutrisari Hangat, Marimas, Hemaviton Jreng, Teh Sisri, Finto, Kola-Kola, dan Segar Dingin. Itulah produk-produk yang sebaiknya tidak kita konsumsi.

Setelah kita mengetahui bahaya mengkonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan, saya berharap kita dapat memilah-memilih minuman yang tidak mengandung zat aditif dan menjaga pola makan seimbang demi untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit.

Hadirin, demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan dan semoga pertemuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply