Pidato Bahasa Indonesia : Indonesia

Pidato Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Ibu Mahayuni selaku guru bahasa Indonesia serta teman-teman yang berbahagia. Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat walafiat.

Ibu guru dan teman-teman yang berbahagia

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang lingkungan yang berjudul Sampah organic dan sampah anorganik yang bermanfaat. Sebelum menjelaskan mengenai apa itu sampah organic dan sampah anorganik, saya akn menjelaskan apa itu lingkungan hidup dan  slogan Lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah suatu aset yang ada di bumi yang harus kita jaga, rawat, dan kita lestarikan keberadaannya. Dengan slogan Jagalah Kebersihan yang artinya kita semua yang hidup didunia ini harus menjaga lingkungan disekitar kita agar tetap bersih dan indah. Dengan hal tersebut kita dapat hidup sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Banyak kita ketahui bahwa sampah sangat erat dengan keseharian kita. Menurut tempat asalnya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah rumah tangga dan sampah industri atau biasa disebut limbah. Namun yang sering kita dengar adalah sampah organic dan sampah anorganik. Penggolongan ini berdasarkan pada partikel penyusunnya. Sampah organic adalah sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dalam tanah sehingga tidak akan mencemari lingkungan tanah dan tidak akan merubah struktur penyusun tanah. Contohnya sisa makanan,daun-daun kering kotoran ternak, dll. Sebaliknya sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan atau membutuhkan waktu ratusan bahkan jutaan tahun untuk dapat terurai, sehingga menimbulkan pencemaran pada lingkungan sekitarnya. Contohnya sampah plastic, karet, kaleng, dll.

Teman-teman yang saya sayangi

Sebagai siswa yang peduli lingkungan, kita dapat mengelola sampah sehingga menjadi lebih bermanfaat dan tentu saja membantu kerja tanah dan organism yang berperan dalam penguraian sampah. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuang sampah pada tempatnya dan dibedakan berdasarkan materi penyusunnya misalnya sampah organic dibuang pada bak sampah organic dan sampah anorganik dibuang pada bak sampah anorganik. Sampah organic dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dapat dimanfaatkan menjadi beragam kerajinan tangan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Ibu Mahayuni dan teman-teman yang saya cintai

Demikian pidato dari saya, semoga apa yang saya sampaikan dapat menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan. Jangan lupa pula untuk membuang sapah pada tempatnya, karena semua hal besar berawal dari hal yang kecil. Apabila dalam penyampaian terdapat hal-hal yang kurang berkenan saya mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Billahitaufiq Walhidayah

Wassalamualaikum Wr. Wb

Nama: MIftah Maharani

No Absen: 20

Kelas: XII IPA 1

Leave a Reply