Pidato narkoba : Teman- Teman Yang Terkasih, Serta Bapak

Teman- teman yang terkasih, serta Bapak Pandi dan Bapak Lilik yang terhormat,

Selamat pagi.

Pada pagi hari ini, marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas berkat dan rahmatnya, kita semua dapat hadir disini dengan sehat dan selamat, juga tanpa kekurangan apapun. Hari ini saya berada disini untuk menyampaikan beberapa hal tentang Narkoba, dampak dari penggunaan narkoba itu sendiri, sampai dengan cara cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

Narkoba, seperti yang kita ketahui, merupakan singkatan dari Narkotika dan obat/ bahan berbahaya. Istilah narkoba mengacu kepada bahan bahan yang umumnya memiliki resiko kecanduan atau bersifat adiktif bagi penggunanya. Narkoba juga mempunyai singkatan lain, yaitu Napza. Napza merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Mayoritas pengguna narkoba adalah orang orang yang merasa tertekan atau merasa mempunyai masalah berat. Contohnya adalah orang orang yang berasal dari keluarga broken home. Namun banyak juga orang yang menggunakan narkoba hanya karena rasa keingintahuan ( penasaran ). Ada pula pengguna yang menggunakan narkoba atas bujukan teman temannya dan akhirnya ia terpengaruh sehingga menjadi kecanduan.

Dewasa ini, kasus kasus penggunaan narkoba banyak menghiasi layar televisi. Selain orang dewasa, banyak pelajar yang menggunakan narkoba. Menurut hasil survei yang telah dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional pada tahun 2009, pengguna narkoba di Indonesia mencapai 3,6 juta orang. Sedangkan pada tahun 2010, jumlah pengguna narkoba di Indonesia meningkat menjadi 4 juta orang. Pada tahun 2011, Badan Narkotika Nasional memperkirakan jumlah pengguna narkoba di Indonesia akan semakin meningkat dan mencapai 5 juta orang.

Yang paling rentan terhadap pengaruh narkoba ialah para pelajar. Oleh karena itu orang tua harus mengawasi pergaulan anak anaknya juga mengawasi tiap perubahan tingkah laku anaknya. Sebagai pelajar, kita harus peka terhadap masalah narkoba. Selain itu, kita harus mempunyai kesadaran diri bahwa narkoba itu berbahaya dan terlarang, serta dapat merusak diri kita, baik secara fisik maupun jasmani.

Penggunaan narkoba mempunyai dampak langsung dan tidak langsung. Dampak langsung dari penggunaan narkoba antara lain gangguan pada jantung, otak, pembuluh darah, sistem syaraf, dan paru paru, terinfeksi HIV / AIDS, menyebabkan depresi mental, dan gangguan jiwa berat. Sedangkan dampak tidak langsung dari penggunaan narkoba salah satunya adalah dikucilkannya kita dari pergaulan di masyarakat. Selain itu, keluarga akan menanggung malu karena ada oknum anggota keluarga yang menggunakan narkoba.

Untuk mencegah penggunaan narkoba, kita dapat melakukan banyak hal. Misalnya dengan melakukan kerjasama dengan pihak berwenang untuk mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba. Hal yang terpenting adalah dengan menekankan pendidikan moral dan keagamaan kepada pelajar, karena salah satu penyebab utama dari penggunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan.

Akhirnya, kita telah sampai pada penghujung pidato kali ini. Setelah melihat pidato di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa memakai Narkoba adalah hal yang sangat berbahaya dan dilarang oleh agama. Dari dampak dampak yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Narkoba sudah pasti akan merusak masa depan seseorang. Narkoba tidak memandang usia, golongan, maupun jenis kelamin. Agar kita terhindar dari lubang kegelapan Narkoba, kita harus memperhatikan pergaulan kita yang sekarang. Apabila ada masalah, bicaralah kepada orang tua. Narkoba tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Seringlah berdoa kepada Tuhan. Mintalah bantuanNya agar setiap masalah yang kita hadapi dapat menemui jalan keluar. Akhir kata, seya selaku…. mengucapkan terima kasih. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengucapan kata, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Selamat Pagi dan Sekali Lagi, Terima Kasih.

Leave a Reply