Contoh Pidato : Davin Gery Lineker

Davin Gery Lineker

XI IPA 1

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat Ibu Azri Rasunah serta teman-teman XI IPA 1 yang saya banggakan

Puji syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat-berkatNya yang melimpah di dalam kehidupan kita, sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk hadir di tempat ini.

Hadirin sekalian,

Kita semua tahu, di zaman yang serba maju ini, semua siswa diharapkan untuk bisa melakukan segala sesuatu. Contohnya saja, kita diharapkan untuk bisa mengikuti semua pelajaran, diharapkan untuk bisa menyampaikan pendapat dan lain-lain. Kita juga diharapkan untuk bisa menyampaikan materi pelajaran kepada teman-teman kita. Istilahnya, pendidikan dua arah. Istilahnya lagi, presentasi. Pendidikan dua arah adalah pendidikan yang menuntut siswa untuk bukan hanya bisa mengerjakan soal, tetapi juga agar dapat menyampaikan materi pembelajaran.

Hadirin sekalian,

Pendidikan dua arah atau presentasi sudah sering dilakukan oleh kita, pelajar, semenjak kita duduk di bangku SMA. Bahkan, saya sendiri, sudah tahu kalau kita akan banyak melakukan sistem ini. Tugas-tugas presentasi dari berbagai guru juga sudah sering kita dengar. Tugas presentasi juga membuat murid membaca dan merangkum isi buku. Tapi, apakah presentasi adalah sistem pembelajaran yang baik dan juga efektif?

Hadirin sekalian,

Presentasi adalah sistem pembelajaran yang sangat baik, menurut saya, selama sewaktu kita menyampaikan, ada guru yang membimbing kita. Guru pembimbing seharusnya bukan hanya duduk diam dan memerhatikan, tetapi juga ikut menyampaikan jika ada materi yang kurang ataupun jika kita tersendat-sendat dalam penyampaian materinya. Bahkan, hampir setiap kita ditugaskan untuk presentasi, kita sebelumnya belum dibekalkan tentang materi yang akan disampaikan. Itu membuat siswa yang menyampaikan dan yang akan menerima materi sama-sama tidak mengerti materi apa yang sedang disampaikan.

Hadirin sekalian,

Presentasi seharusnya menjadi sistem pembelajaran yang efektif selama guru pengajar tidak terlena atau menjadi tidak menjelaskan materi. Karena pada mulanya, pembelajaran yang menggunakan presentasi sangat baik karena melatih anak untuk menjadi mandiri, namun jika cara pembelajaran tersebut tidak diawasi dengan baik, maka akan terjadi penyalahgunaan sistem pembelajaran. Murid hanya akan membuat presentasi seakan-akan hanya untuk nilai tugas dan guru hanya akan memerhatikan presentasi hanya untuk memberi nilai.

Hadirin sekalian,

Sebaiknya, jika ingin diadakan presentasi, guru dan murid harus terlebih dahulu membuat persiapan yang matang agar materi yang disampaikan bisa lebih maksimal. Dan sebaiknya, guru pengajar mulai sadar akan tanggung jawabnya sebagai pengajar untuk bisa membimbing dan menjelaskan materi-materi presentasi kepada murid yang bertujuan untuk mendapatkan ilmu.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga dapat berguna untuk kita semua. Dan, jika ada kesalahan kata, saya mohon maaf.

Selamat pagi dan salam sejahtera.

Leave a Reply