PIdato, Tugas B.Indonesia : Cara Membangkitkan Motivasi

Cara membangkitkan motivasi belajar siswa.

Pertama-tama marilah kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, dimana pada hari ini kita semua masih diberi bebrapa kenikmatan, yang sama sekali tidak bisa kita hitung, berapa kenikmatan yang Allah berikan kepada kita. Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Baginda Nabi besar kita Muhammad SAW. Yang terhormat Kepala SMAN 1 Sijunjung,Wakil-wakil Kepala SMAN 1 Sijunjung,Para Majelis guru,Staf Tata Usaha,Serta teman-teman semua.

Baiklah saya akan member judul Pidato saya yaitu, cara membangkitkan motivasi belajar siswa. Mula-mula saya mau bertanya, Apa yang harus kita lakukan jika motivasi kita hilang? Apakah mungkin mengembalikan motivasi yang surut dan hilang. Pertama kali kita harus bertanya pada diri sendiri, apa sebenarnya masalahnya. Turunnya motivasi tidak selalu karena kita malas. Banyak hambatan yang akan mengganggu motivasi kita, misalnya kebiasaan menunda, percaya diri yang rendah, kebiasaan belajar yang tidak teratur, rasa tegang/cemas, kurang tertarik dan lain lain. Bila kita merasa motivasi menurun sehingga dapat menghambat dalam mencapai sasaran belajar , beberapa anjuran berikut mungkin dapat kita coba.

Evaluasi Kembali Sasaran belajar

Tinjau kembali apakah sasaran kita telah memenuhi kriteria yang telah disampaikan sebelumnya. Apakah sasaran kita tidak realistik, atau kabur? Bila ini benar, kita sebenarnya tidak cukup terarah dalam menuju sasaran sehingga merasa tidak termotivasi. Mungkin kita dapat termotivasi kembali dengan membuat sasaran menjadi lebih spesifik dan realistik.

Jangan Menghindar

Seringkali kita menghindar bila ada masalah, termasuk bila motivasi untuk belajar menurun, dengan harapan masalah akan hilang dengan sendrinya. ini satu kesalahan fatal. Bila motivasi belajar kita pada suatu mata kuliah menurun, cobalah untuk lebih terlibat dalam mata kuliah tersebut. Bentuklah kelompok belajar, ikuti semua kuliah dan cobalah aktif bertanya. menghindar dengan tidak mengikuti kuliah hanya akan menambah masalah karena kita akan semakin tertinggal.

Buatlah Skala Prioritas

Terkadang motivasi dapat hilang karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Solusi yang terbaik bila ini terjadi adalah membuat daftar apa yang harus dilakukan dan membuat skala prioritas. Tugas apa yang harus dikerjakan pertama kali? Yang mana dapat menunggu sampai minggu depan? Dengan menuliskan semua tugas, kita dapat memberikan prioritas sehingga dapat menempatkan beban kita pada perspektif yang benar sehingga dapat diselesaikan pada waktunya.

Kaitkan Kuliah Dengan Kehidupan Kita

Apakah kita merasa kegiatan kurikuler yang kita lakukan di kampus tidak ada kaitannya dengan sasaran jangka panjang kita? Kita perlu mencari kaitan antara minat kita dengan bahan yang harus dipelajari. Bila berhasil maka bahan yang kita pelajari akan menjadi menarik

Leave a Reply