Tugas Pidato UCUG : Selamat Siang,

Sebagai bangsa yang pernah hidup dalam penjajahan yang berabad-abad lamanya, para pendiri bangsa ini menyadari betul bahwa kebodohan masih melingkari kehidupan bangsa ini. Sehingga salah satu tujuan dan cita-cita luhur bangsa saat di bentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah  mencerdaskan kehidupan bangsa.

Secara umun dapat kita ketahui bahwa pendidikan sendiri mempunyai makna. Yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan yang diharapkan adalah pendidikan yang berkualitas dan bisa menjangkau segenap rakyat Indonesia. Bila ini direalisasikan, salah satu tujuan bangsa Indonesia yang tercantum di pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa akan tercapai.

Kehidupan bangsa yang cerdas ini haruslah meliputi segenap rakyat tanpa memandang kemampuan ekonominya. Rakyat yang kurang mampu secara ekonomi pun juga bisa cerdas karena bisa mengakses pendidikan berkualitas yang disediakan pemerintah.

Oleh karena itu, nilai-nilai pendidikan karakter penting ditanamkan pada siswa, selain mengajarkan aspek kognitif. Ada empat tujuan utama dilaksanakannya pendidikan karakter, yaitu mencerdaskan para siswa dengan ilmu pengetahuan, mampu berpikir logis, kritis, dan analitis. Selanjutnya, memiliki kepekaan nurani yang ditandai dengan sikap berlaku adil, jujur, empati, dan santun, memiliki kepekaan lingkungan, dan memiliki kecerdasan merespons. Karena, sesungguhnya setiap generasi memiliki tanggungjawab atas zamannya. Pendahulunya, wajib untuk memberi teladan dan bimbingan untuk mencapai cita-cita dan tujuan luhur bangsa ini. Yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Saya berharap dengan adanya pendidikan karakter dapat menanggulangi kebodohan yang masih melingkari kehidupan bangsa. Semoga pendidikan sebagai jembatan emas masa depan dapat segera direhabilitasi.

Sekian pidato dari saya. Semoga bermanfaat. Apabila banyak salah kata, saya memohon maaf.

Wasalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply