Pidato : M. Akhsanil Auladi 21030113130141

M. Akhsanil Auladi 21030113130141

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi

Salam sejahtera bagi kita semua

Saudara-saudara dan para hadirin yang saya hormati.

Di pagi hari yang cerah ini, tak lupa marilah senantiasa kita berucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Yang telah menganugerahkan kepada kita kehidupan yang indah ini. Dan sudah selayaknya kita sebagai manusia melestraikan dan menjaga anugerah yang telah Tuhan titipkan kepada kita.

Melalui pidato singkat ini saya ingin berpesan kepada kita semua yang hadir disini tentang pentingnya menjaga lingkungan. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini banyak kasus yang berhubungan dengan pengrusakan lingkungan. Misalnya saja penebangan liar yang sering terjadi di Indonesia. Ini bukan masalah yang sepele, karena ini berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup yang lain.

Penebangan pohon yang tanpa aturan dan tidak diikuti dengan reboisasi sungguh suatu tindakan yang tidak dapat dibenarkan. Karena sejatinya mereka sendiri juga yang akan terkena imbasnya. Bukan hanya banjir ataupun tanah longsor, lebih lebih dengan kemajuan zaman, maraknya alat transportasi berbahan bakar fosil yang menyumbang emisi CO2 terbesar. Dengan berkurangnya jumlah rimbunan pohon maka peningkatan jumlah CO2 di udara akan semakin tak terkendali, dan tentunya efek yang lebih besar adalah mengakibatkan global warming. Global warming atau pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata bumi sebagai akibat dari meningkatnya jumlah gas rumah kaca seperti CO2 di atmosfer. Gas ini akan membentuk lapisan di atmosfer yang mana lapisan gas ini dapat ditembus oleh radiasi matahari akan tetapi tidak oleh pantulannya dari bumi. Akibatnya radiasi panas matahari akan terjebak di bawah atmosfer bumi. Hal ini yang menyebabkan suhu rata-rata bumi meningkat. Akibat dari global warming atau pemanasan global adalah naiknya permukaan air laut karena es di kawasan kutub yang mencair yang akan mengakibatkan sebagian daratan terandam air.

Maka dari itu disini saya mengajak saudara-saudara dan para hadirin disini untuk sadar lingkungan, bukan hanya untuk kehidupan kita sekarang ini tetapi juga untuk kehidupan anak cucu kita kelak nanti. Mari kita mulai dari hal kecil dan paling mudah yaitu tidak membuang sampah di sungai, menyemarakan penghijauan, dan mengurangi pemakaian pendingin ruangan. Singkat saja dari saya kurang lebihnya mohon dimaafkan. Sekian.

Wassalamualaikum wrr wb.