Pidato Erry : Yang Saya Hormati

Assalamualaikum wr wb,

Yang saya hormati:

Bapak kepala Desa Canden

Bapak ibu Dewan juri

Para Tamu undangan,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah Yang  Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Mencerdaskan Masyarakat Menuju Desa Canden yang Lebih Baik. 

Kita ingin menjadi manusia dan desa yang maju dan bermartabat. Kita ingin menjadi desa dan manusia yang unggul dan berdaya saing. Kita orang-seorang ingin hidup baik dan kita juga ingin menyumbangkan sesuatu untuk masyarakat kita. Adakah di antara kita yang tidak ingin wilayahnya maju? Ada? Inginkah kita, Desa kita menjadi desa yang lebih baik? desa yang maju? Desa yang menyumbangsih dalam pembangunan ? Jika Jawabanya iya, mari kita mencerdaskan masyarakat di desa ini.

Sebuah wilayah dapat dikatakan maju apabila masyarakatnya cerdas dan dapat mengelola SDM dan SDA dengan baik untuk kesejahteraan warganya. Untuk itu, mari kita upayakan program bersama oleh berbagai pihak demi mencerdaskan masyarakat.

Perbaikan kualitas Desa harus ditempuh dan terutama melalui program itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Sehingga suatu saat hasil dari program itulah yang akan menumbuhkan budaya dengan manusia yang cerdas

Semuanya melalui program yang tertata rapi, yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru. Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah setelah itu dia mampu menguasai sains dan teknologi.

Para Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan,

Namun demikian, membekali masyarakat dengan iptek saja tidaklah cukup. Kita tentu menyadari bahwa keterpurukan suatu wilayah dapat disebabkan oleh rusaknya moral warganya. Bisa jadi rusaknya moral disebabkan oleh warga itu sendiri yang tidak dapat mengontrol diri dengan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta.

Mereka perlu mendapatkan pendidikan moral yang membentuk mayarakat sebagai pribadi yang berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab. Mencerdaskan moral inilah salah satu modal untuk memperbaiki kondisi di era yang serba tidak menentu.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita, untuk mencerdaskan masyarakat secara IPTEK, mencerdaskan moral dan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta agar masyarakat berkepribadian luhur dan memiliki idealisme tinggi. Dengan demikian, kemajuan dan kesejahteraan Desa diharapkan dapat segera terwujud.

Tentulah tidak perlu diragukan lagi dalam hal ini pemerintah khususnya Bapak kepala desa sangat mengharapkan dan berusaha dalam mewujudkan desa yang tercinta ini menjadi lebih baik.

 

Semoga dengan program program dari pemerintah pada khususnya program yang telah disusun dari Bapak kepala desa Canden, semua harapan desa Canden 5 tahun kedepan menjadi desa yang lebih dapat terwujud,.

Para Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan,

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dala penyampaiannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

Erry Pangestu