Pidato Pidato : Asyrafl Ambiya-i Walmursalin, Wa Ala Alihi

Assalamualaikum Wr.Wb. 
Alhamdulillaahi rabbil alamin wasshalaatu wassalaamu ala asyrafil ambiya-i walmursalin, wa ala alihi washahbihi ajmain. 

Puji serta syukur senantiasa kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT, Tuhan yang maha pencipta, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini, kita dapat menghadiri dan mengikuti Acara Pengabdian Masyarakat di desa wringin anom kecamatan poncokusumo, Malang. 

Shalawat beriring salam mari sama-sama kita sanjungkan keharibaan Nabi Besar Muhammad SAW yang atas segala perjuangan dan pengorbanannya telah membawa kita ummatnya dari zaman jahiliyah menuju ke zaman Islamiyah yang penuh kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat, selanjutnya kepada keluarga dan sahabat Beliau sekalian. 

Yang saya hormati (Menyesuaikan) : 

Mengawali sambutan saya pada hari yang berbahagia ini, terlebih dahulu kami mengucapkan selamat datang kepada segenap Civitas Akademika dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry beserta rombongan di Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Bireuen. Inilah Kabupaten Bireuen, yang kita kenal sebagai Kota Juang, Kabupaten yang penuh dengan nuansa sejarah perjuangan, yang beberapa hari lagi akan merayakan ulang tahun ke-15 pada tanggal 12 Oktober yang akan datang. 

Selanjutnya kami menyampaikan terimakasih kepada Rektor UIN Ar-Raniry yang telah memberikan kepercayaan dan menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di tiga Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. Dengan kehadiran mahasiswa diharapkan dapat membantu menunjang pembangunan dalam berbagai sektor di daerah ini. 

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Saudara para mahasiswa peserta KPM yang berjumlah 300 orang merupakan duta UIN yangdiberi tugas melaksanakan pengabdian di Kecamatan Samalanga, Simpang Mamplam dan Jeunieb, Kabupaten Bireuen sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat. Kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum, yang dibebankan oleh Universitas kepada mahasiswa, sebelum menyelesaikan studi. 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan pada UIN Ar-Raniry sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dengan kegiatan KPM, saudara-saudara mempunyai kesempatan untuk melakukan pengabdian dan pembelajaran kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat dan juga menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkandemi kesejahteraan masyarakat. 

Selanjutnya yang perlu kami tekankan bahwa saudara akan berkecimpung dan berhadapan langsung dengan masyarakat, hendaknya saudara-saudara dapat menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun, sesuai dengan adat-istiadat dan kemampuan masyarakat setempat. 

Saudara-saudara yang saya hormati, 

Saya juga mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan KPM ini hendaknya tidak keluar dari koridor aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas, dan melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan dimana saudara melaksanakan pengabdian. 

Kami atas nama Pemerintah Daerah mengharapkan semoga kegiatan KPM UIN Ar-Ranirydi Kabupaten Bireuen tidak tersusupi dengan kegiatan-kegiatan lain diluar nuansa pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, apalagi mengarah kepada kegiatan politik serta menyimpang dari Syariat Islam. 

Selanjutnya kami juga mengharapkan kepada saudara jagalah nama baik kampus dan norma-norma agama serta adat istiadat setempat. Kemudian kepada para Camat yang mahasiswa KPM berada dalam wilayah kerja saudara, agar dapat terus memonitor dan membantu tugas-tugas yang mereka laksanakan sehingga dapat diselesaikan dengan baik sesuai harapan kita semua. 

Demikian menjadi perhatian dan harapan kita semua, Dengan mengucapkanBismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Saya menerima sekaligus menyerahkan Mahasiswa Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Gelombang II Semester Ganjil Tahun Akademik 2014/2015, untuk ditempatkan pada Kecamatan yang telah ditetapkanselama 45 hari

Selamat melaksanakan pengabdian, semoga sukses. Akhirnya kepada Allah SWT jualah kita memohon, semoga kita semua senantiasa diberikan Taufik dan Hidayah-Nya. 

Amin Yaa Rabbal Alamin. 
Wabillahi Taufik walhidayah 
Wassalamualaikum Wr. Wb.