Pidato : Bismillahirrohmanirrohim

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatu

Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillahi robbil allamin

Assolatu wassalamu alla

Asrofil ambiya walmusralin

Sayyidina muhammadin

Waalaalihi wasobihi ajmain

Ammabakdu

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa ats limpahan rahmat serta hidayahNya, kita dapat berkumpul di acara ini dalam keadaan sehat walafiat.

Solawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Hadirin yang berbahagia, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dari 25 nabi dan rosul. Nabi Muhammad lahir di kota Mekkah pada hari Senin tanggal 12 Robiul Awal, yang bertepatan pada tahun gajah. Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah, telah dahulu wafat sedangkan Nabi Muhammad waktu itu masih dalam kandungan ibunya. Ibu Nabi Muhammad bernama Siti Aminah dari kalangan suku Quroisy yang terpandang mulia pada saat itu. Ketika masih bayi, Nabi Muhammad diasuh oleh Halimah. Pada masa kanak-kanak Muhammad selalu diajak pamannya yang bernama Abu Tholib untuk mengembala kambing. Pada usia muda, Nabi Muhammad dijuluki Al Amin karena bertanggung jawab dan pekerja keras. Pekerjaan Nabi Muhammad saat muda yaitu berdagang ke negeri Syam. Karena kejujuran Muhammad, Khodijah jatuh cinta padanya. Akhirnya Khodijah menjadi istri Nabi Muhammad. Pada usia 40 tahun, beliau diangkat menjadi rosul dan berdakwah mengajak umat manusia menyembah Allah SWT. Nabi Muhammad suka mengasingkan diri dari keramaian manusia di tempat gua Hiro.

Hadirin yang berbahagia. Dalam menyiarkan agama Allah, Nabi Muhammad tidak pernah takut berhadapan dengan berbagai rintangan. Dakwahnya sering dihadang, bahkan diancam akan dibunuh. Nabi Muhammad, selain terkenal jujur dan pemaaf ia juga mencintai anak yatim. Begitulah cinta Nabi Muhammad kepada umatnya terutama anak yatim. Rosul terakhir adalah Nabi Muhammad. Dialah nabi dan rosul penutup, tidak ada lagi nabi dan rosul setelahnya. Karena nabi Muhammad, sebagai penutup para nabi maka sering disebut khatamul ambiya yang artinya penutup para nabi dan rosul.