Definisi Pidato : 1.

Definisi Pidato

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Karena sasarannya lebih luas, penyampaian pidato lebih sulit daripada percakapan sehari-hari antar kawan. Pidato memerlukan perhatian khusus dalam persiapan, penyusunan serta yang paling penting dalam penyampaiannya. Untuk itu kita memerlukan retorika.

Definisi khotbah

Definisi secara bahasa

Khotbah, secara bahasa, adalah perkataan yang disampaikan di atas mimbar. Adapun kata khitbah yang seakar dengan kata khotbah (dalam bahasa Arab) berarti melamar wanita untuk dinikahi. Khotbah berasal dari bahasa Arab yang merupakan kata bentukan dari kata mukhathabah yang berarti pembicaraan. Ada pula yang mengatakannya berasal dari kata al-khatbu yang berarti perkara besar yang diperbincangkan, karena orang-orang Arab tidak berkhotbah kecuali pada perkara besar.

Definisi secara istilah

Sebagian ulama mendefinisikan khotbah sebagai perkataan tersusun yang mengandung nasihat dan informasi. Akan tetapi, definisi ini terlalu umum. Adapun definisi yang lebih jelas ialah definisi yang diberikan oleh Dr. Ahmad Al-Hufi yaitu, Cabang ilmu atau seni berbicara di hadapan banyak orang dengan tujuan meyakinkan dan memengaruhi mereka. Dengan demikian, khotbah harus disampaikan secara lisan di hadapan banyak orang dan harus meyakinkan dengan argumen-argumen yang kuat serta memberikan pengaruh kepada pendengar, baik itu berupa motivasi atau peringatan.