Pidato : Nama Tantyo Permadi Utomo

Nama : Tantyo Permadi Utomo

Kelas dan No. Absen : XII Ia 2 / 33

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua..

Yang terhormat presiden republik Indonesia,

Yang terhormat menteri pendidikan republik Indonesia,

Yang kami hormati para profesor dan guru besar,

Yang berbahagia, generasi penerus Indonesia menuju kemakmuran,

Dan rekan-rekan yang saya cintai.

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang memberi kesempatan pada kita semua untuk hadir dalam kegiatan yang mulia, yang bertujuan untuk menggugah jiwa para generasi muda negeri ini agar mampu melanjutkan perjuangan menuju Indonesia yang lebih baik.

Indonesia, negeri yang kaya akan sumber daya alam, paru-paru dunia, keindahan alam yang tidak dimiliki negara lain, semuanya dimiliki Indonesia. Sumber daya manusia di negeri ini tidak kalah berkualitas, seiap olimpiade internasional, sisika maupun matematika, anak-anak negeri ini memborong juara mengalahkan negara-negara maju. Luar biasa, tapi kita semua tidak pernah mendengar anak-anak negeri ini memperoleh penghargaan nobel dibalik kesuksesan mereka mengolah rumus, kemana para juara setelah memborong kemenangan pada olimpiade Internasional?, mengherankan.

Sekurang-kurangnya, kita , kita habiskan 16 tahun untuk menyelesaikan study sampai jenjang sarjana. Selama itu pula kita dibiasakan untuk menjalankan dan mendengarkan kehendak pendidik. Lalu apa selanjutnya? Kita membuat aplikasi lamaran pekerjaan disana sini untuk menjadi staff perusahaan nasional atau multinasional? Luar biasa bukan?. Setelah 16 tahun study pada akhirnya kita hanya menjadi seorang pekerja yang sisuruh suruh orang juga? Sampai kapan? Sebuah mindset yang kurang tepat, yang perlu kita ubah segera, agar kehidupan kita dan negeri kita menjadi lebih baik.

Dengan SDA dan SDM yang berkualitas, tentu mengherankan jika negeri ini masih merana bergelut dengan kemiskinan. Sebagai generasi muda yang menjadi penerus bangsa, marilah dengan kekayaan alan yang kita miliki, dengan kecangihan pikiran kita, kita wujudkan Indonesia yang makmur rakyatnya, kita ubah mindset pekerja menjadi mindset pengusaha. Negeri ini butuh pengusaha soleh dan soleha yang akan menyejahterakan kehidupan sesamanya. Negeri ini butuh pengusaha pribumi, ini bumi kita, orang non pribumi bisa kaya dan sejahtera di bumi kita, kenapa kita tidak. Mari kita ber wirausaha dan memakmurkan sekeliling kita untuk kemajuan bangsa. Kalau bukan kita, Siapa lagi?.

Terimakasih atas perhatian bapak dan ibu hadirin sekalian, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaaat bagi kita semua, mohon maaf jika ada salah kata, akhir kata

Wassalamualaikum Wr. Wb.