Pidato Bahaya Merokok : Contoh

Contoh Pidato Bahaya Merokok :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kebumen, yang saya hormati Drs. Slamet Nurhadi selaku pembimbing I, yang saya hormati Ibu Siti Marifah selaku pembimbing II, serta teman-temanku yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah klita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayahNya kepada kita sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul tanpa ada halangan apapun.

Sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafangatnya di yaumul kiamah.

Amin.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato bertema BAHAYA MEROKOK

Hadirin yang nerbahagia,

Rokok bukanlah hal asing lagi bagi kalangan kita karena setiap jam, setiap hari, pasti kita jumpai, dan juga banyak orang yang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

Hadirin yang berbahagia,

Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang. Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :

TAR Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

NIKOTIN Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan

KARBON MONOKSIDA (CO) Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

Hadirin yang berbahagia,

Semua orang yang biasanya perokok berat bisa juga berhenti merokok begitu saja, beberapa alasan untuk berhenti merokok antara lain sebagai berikut :

1. Wajah keriput

Merokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit Anda dengan jalan menyempitkan pembuluh darah di sekitar wajah. Sehingga akan menyebabkan keriput.

2. Gigi berbercak dan nafas bau.

Partikel dari rokok sigaret dapat memberi bercak kuning hingga cokelat pada gigi Anda, dan ini juga akan memerangkap bakteri penghasil bau di mulut Anda. Kelainan gusi dan gigi tanggal juga lebih sering terjadi pada perokok.

3. Anda dan di sekitar menjadi bau.

Rokok sigaret memiliki bau yang tidak menyenangkan dan menempel pada segala sesuatu, dari kulit dan rambut Anda sampai pakaian dan barang-barang di sekitar Anda. Dan bau ini sama sekali bukan hal yang membangkitkan selera pasangan maupun teman-teman.

4. Tulang rapuh

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara merokok dengan osteoporosis pada pria dan wanita. Sebuah penelitian mengamati kasus patah tulang pinggul pada wanita lansia, dan menyimpulkan bahwa satu dari 8 kasus patah tulang itu disebabkan oleh kehilangan massa tulang yang disebabkan oleh merokok.

5. Kebakaran

jika Anda ceroboh, saat merokok clan membuang puntung rokok yang masih menyala ke sembarang tempat dapat menyebabkan kebakaran.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya. Apabila ada kesalahan dalam saya menyampaikan pidato saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabilahitaufik walhidayah,

Wasalamualaikum, Wr. Wb.

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi semua …

Yang terhormat para hakim, para guru terhormat saya, para senior terhormat dan teman-teman tercinta. Kita harus bersyukur kepada tuhan kita, karena berkat tuhan kita bisa berdiri di sini sampai hari ini. Pertama-tama, saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya ……., aku duduk di ………..,.

Kekasihku guru dan teman,

Hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang merokok berjudul "Merokok merupakan kebiasaan buruk dalam hidup kita".

Sahabatku,

Seperti kita ketahui merokok adalah salah satu bagian dari kegiatan sehari-hari dari mayoritas masyarakat Indonesia. sebagian besar perokok tahu bahaya merokok tetapi mereka tidak pernah mencoba berhenti merokok. Karena itu, kita sebagai generasi muda harus yakin bahwa merokok adalah kebiasaan buruk dalam hidup. Merokok adalah kebiasaan buruk karena tiga faktor, antara lain:

1. Mengandung zat racun

2. menyebabkan penyakit seperti kanker.

3. mahal.

Guru terhormat dan teman-teman,

Faktor pertama merokok adalah kebiasaan buruk adalah mengandung zat racun. kita tidak boleh mengkonsumsi rokok karena tidak baik untuk kesehatan. Saya yakin Anda tahu ada banyak zat dalam asap rokok adalah berbahaya. Sebagai contoh substansi, nikotin .. Bahwa zat ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. tidak hanya berbahaya bagi perokok, juga berbahaya bagi kita jika kita dekat perokok. jadi jika ada perokok di dekat Anda. Katakanlah kepadanya untuk mematikan dia / rokok sejenak dengan sopan baik.

Asap sampingan adalah asap rokok yang dihasilkan oleh Ujung rokok yang terbakar. Asap sampingan ini akan mengganggu kesehatan karena mengandung zat-zat berbahaya, di antaranya adalah tar, karbonmonoksida (CO), dan nikotin.

Tar mengandung bahan kimia yang beracun, merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

Karhonnionoksida adalah gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

Nikotin merupakan salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan.

Teman saya,

Selanjutnya, saya akan berbicara tentang faktor kedua. Artinya, merokok menyebabkan penyakit berbagai seperti kanker, gangguan kehamilan, gangguan janin, dan lain-lain Salah satu faktor dari banyak orang Indonesia yang meninggal merokok. Mayoritas adalah mahasiswa!Banyak siswa yang meninggal karena merokok dan narkoba. Itu sangat kecewa.! salah satu generasi muda meninggal dengan cara yang salah. !

kebiasaan merokok juga menghasilkan efek perilaku yang buruk bagi perokok. Dan begitu banyak efek negatif dari merokok.

Kekasihku guru dan teman,

Lalu, rokok adalah mahal. Tahukah Anda? Harga Cigaratte adalah 7-10.000 rupiah atau lebih dari itu untuk satu bungkus. Dapatkah Anda bayangkan seorang mahasiswa atau seorang perokok menghabiskan uangnya untuk membeli sebungkus rokok setiap hari dan dihitung setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun.? Jika suatu hari untuk membeli sebungkus rokok adalah 8 ribuan, Jadi dalam satu minggu ia menghabiskan 56 ribuan, di amonth ia menghabiskan 240thousands dan pada tahun ia menghabiskan 2.880.000. itu hanya untuk satu bungkus sehari. Jika 2, 3, atau 4 bungkus sehari? Berapa banyak? Begitu banyak uang, untuk merokok. Hal ini menyebabkan keluarga mendapat krisis ekonomi dan seorang siswa tidak bisa menggunakan uang saku untuk sekolah.

Merokok bukanlah kegiatan positif bagi kami, generasi muda. Jadi guys.Mulai sekarang, mari kita mengatakan "Pergilah Belajar Berhenti Merokok!". Dan menjadi mahasiswa terbaik untuk negara kita dan sekolah. Saya pikir itu saja, terima kasih atas perhatian Anda.

walaikum salam wr.wb