Pidato Tentang Narkoba : Ssalammualaikum Wr.Wb.

ssalammualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak kepala SMP N 1 Pati, ibu/bapak guru, Dan teman-teman sekalian yang saya cintai

            Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini.

Pada kesempatan kali ini, saya mewakili teman-teman sekalian untuk menyampaikan sebuah pidato yang bertema Peran serta generasi muda dalam mencegah merajalelanya penyalahgunaan narkoba.

Narkotika dan Obat-obatan yang terlarang atau yang sering kita sebut dengan kata NARKOBA belakangan ini amat populer di kalangan remaja dan generasi muda bangsa Indonesia, sebab penyalahgunaan Narkoba ini telah merebak ke semua lingkungan, bukan hanya di kalangan anak-anak nakal dan preman tetapi telah memasuki lingkungan pelajar, mahasiswa dan lingkungan terhormat lainnya.

Narkoba saat ini banyak kita jumpai di kalangan remaja dan generasi muda dalam bentuk kapsul, tablet dan tepung seperti ekstasy, pil koplo dan shabu-shabu, bahkan dalam bentuk yang amat sederhana seperti daun ganja yang dijual dalam amplop-amplop.

Saat ini para orang tua, mulai dari ulama, guru/dosen, pejabat, penegak hukum dan bahkan semua kalangan telah resah terhadap narkoba ini, sebab generasi muda masa depan bangsa telah banyak terlibat di dalamnya. Akibat leluasannya penjualan narkoba ini, secara umum mengakibatkan timbulnya gangguan mental organik dan pergaulan bebas yang pada gilirannya merusak masa depan bangsa.

Oleh karena itu sebagai penerus bangsa yang baik kita selaku generasi muda punya peran penting untuk mencegah merajalelanya penyalahgunaan Narkoba khususnya dikalangan remaja. Lalu bagaimanakah cara generasi muda itu sendiri berperan dalam mencegah merajalelanya penyalahgunaan Narkoba?

Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh generasi muda dalam peran pentingnya untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba saat adalah :

1)      Menolak Ajakan Teman yang bersifat Negatif

  Kita harus dapat menolak dengan halus, sopan, tenang, bijaksana, dan tegas ajakan teman yang menurut kita menjurus pada hal-hal yang negative dapat menyertakan alasan yang logis untuk mengelak.

  Harus siap bila mereka mencap dengan julukan tertentu (seperti banci, ayam sayur, lembek, nggak macho, norak dan lain-lain).

  Ganti topic pembicaraan

2)      Dapat Menjadi Tempat untuk Curhat

  Menyediakan diri sebagai tempat curhat yang nyaman dan dapat dipercaya bagi teman, sehingga dapat meringankan masalah dan mencegahnya untuk menggunakan narkoba.

3)      Kembangkan potensi diri

  kenalilah kekuatan dan kelemahan diri atau disebut juga potensi diri. Karena setiap orang punya potensi yang berbeda yang dapat dikembangkan.

  Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkan potensi diri yaitu:

Kembangkan hoby yang ada pada diri kita, misalnya olah raga, musik, melukis, menari, menyanyi, panjat tebing, pecinta alam dll.

Cobalah untuk menjalan hobi/kegiatan tertentu secara terus menerus

Bentuk kelompok teman atas dasar minat yang sama dan kegiatan yang positif

Seringkali hobi yang menonjol dapat dijadikan modal hidup dimasa yang akan datang.

Selain 3 cara diatas, kita sebagai generasi muda dapat mencegah penyalahgunaan Narkoba dengan cara : 

o   Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT

o   Lebih memperbanyak membaca atau mencari pengetahuan tentang Narkoba

o   Para remaja dapat membentuk suatu Organisasi yang dapat memberikan penyuluhan/ pendidikan kepada anak-anak/remaja khususnya mereka yang kurang mampu(anak jalanan)

o   Menganggap Narkoba sebagai musuh yang berbahaya dan harus dihindari.

o   Mengadakan kegiatan social yang positif,

o   Tidak mudah putus asa dan tidak  menyelesaikan masalah dengan cara yang instan contohnya yaitu mengantungankan kepada Narkoba untuk menenangkan diri

Jadi, ada banyak cara dan peran yang dapat kita lakukan selaku generasi muda untuk mencegah merajalelanya penyalahgunaan Narkoba.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap kita sebagai generasi muda khususnya, tidak  mudah terjerumus kedalam dunia Narkoba dan lebih dapat menahan diri untuk tidak sesekali mencobanya melalui peran positif yang dapat kita lakukan.

Mohon maaf apabila ada salah kata yang kurang berkenan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, akhirul kata, Wassalammualaikum Wr. Wb.

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha dan Tamu undangan yang telah hadir

Serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Shalawat dan salam kita sanjungkan ke haribaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi mulia, nabi Muhammad Saw. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah, pengorbanan, dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum diIndonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesiadan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itutentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahanperilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitasdan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikutikegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudahterpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanyalebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat daripenyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalamperencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-cirisiswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar,melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-programdisekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu sajamengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibaratsepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksisekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosisyang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata,saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.