Pidato ; Tediy Junianto – 112310101033

Nama:Tediy Junianto

NIM:112310101033

Nama:Tediy Junianto

NIM:112310101033

Yang terhormat, Bu Sri Ningsih selaku dosen pengajar mata kuliah Bahasa Indonesia
Yang aku cintai, sahabat PSIK utamanya angkatan 2011, baik kelas A maupun kelas B

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Alhamdulillah, atas rahmat Allah Swt. kita semua dapat hadir dikesempatan kali ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat salam tetap kita haturkan kepada nabi Muhammad Saw. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman modern saat ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang citra perawat di kabupaten Jember. Umumnya, seorang pasien ingin dirawat oleh perawat yang diidamkan dan berpenampilan menarik serta mampu memenuhi kebutuhannya. Namun kenyataannya tidak seperti yang diharapkan oleh sang pasien. Terutama perawat di kabupaten Jember. Faktanya, perawat di kabupaten Jember telah di nilai negatif dari segi penampilan, kepuasan pelanggan, keluhan, saran, dan dari beberapa media cetak. Ada pula dari segi banyaknya keluhan yang ada menyangkut keberadaan petugas, tidak professional dalam memberikan pelayanannya, juga masih terdengar keluhan dari pasien yang mengevaluasi perawat tidak ramah dan acuh tak acuh terhadap keluhan pasien-pasiennya.

Citra perawat merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting terhadap kepuasan pasien, dimana pasien memandang rumah sakit mana yang ada di daerah Jember yang akan dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Pasien dalam menilai perawat berawal dari cara pandang melalui panca indera dari informasiinformasi yang didapatkan dan pengalaman, baik dari orang lain maupun diri sendiri. Sehingga menghasilkan anggapan yang positif terhadap perawat, meskipun dengan harga yang tinggi, pasien akan tetap setia menggunakan jasa perawat dengan harapan-harapan yang diinginkan pasien.

Jadi kesimpulannya, ada pergeseran makna penilaian citra positif dalam menilai citra perawat di kabupaten Jember, walaupun pergeseran tersebut kecil. Pasien berharap dirawat oleh perawat yang professional. Usulan meningkatkan citra menurut perspektif pasien melalui peningkatan hard skill dan soft skill perawat.

Saran untuk perawat-perawat di kabupaten Jember harus berbenah diri agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada pasien. Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk perbaikan adalah pada pelayanan keperawatan : membiasakan diri dengan budaya profesional, menerapkan sikap caring yang merupakan inti keperawatan.Semoga kita sebagai calon perawat bisa lebih memperbaiki citra perawat di kabupaten Jember, atau bahkan dimata khalayak publik.

Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Leave a Reply