Pidato Kesenian Bahasa Indonesia Selamat Pagi

Selamat pagi

Yang saya hormati Ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia,

Yang saya kasihi teman-teman sekalian.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas karuniaNya, kita dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat.

Pada pidato kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertema pendidikan. Dalam pidato ini tentunya saya akan lebih membahas mengenai pendidikan di Negara Indonesia.

Pendidikan sendiri merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang bisa kita tempuh demi tercapainya Indonesia yang lebih maju dan lebih baik. Pendidikan merupakan salah satu proses yang sangat lama, dari sd, smp, sma, dan kuliah. Bukan hal yang mudah untuk di tempuh, butuh banyak pengorbanan.

Pendidikan sendiri mampu memunculkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang bisa memberikan pemikiran bagi kita mengenai cara hidup baru. Bagaimana dengan pendidikan kita bisa memikirkan sesuatu yang sebelumnya sama sekali tidak terlintas dalam benak pikiran kita.

Dalam hal fisik sendiri bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan, namun dalam hal pendidikan, bangsa kita masih dapat dikatakan terjajah. Tingkat kebodohan dan putus sekolah yang masih tinggi di Indonesia seakan menunjukkan bahwa kita memang belum serius membina pendidikan di Negeri ini.

Jika kita liat di Negara lain, mereka mampu membuat pesawat, mobil, dan barang-barang canggih lainnya yang kualitasnya sangat bagus. Sedangkan Negara kita lebih cenderung untuk mengimpor barang-barang dari luar negeri. Itu terjadi Karena sumber daya manusia di Negara kita masih rendah, terutama dalam hal pendidikan.

Pendidikan sebagai sarana penunjang kehidupan bangsa yang lebih baik harus secara benar dan sungguh-sungguh dalam mendidik siswa. Untuk bisa mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik memanglah bukan suatu pekerjaan yang mudah, harus di Imbangi dengan dana dan kerja keras dari semua unsur dalam pendidikan.

Pendidikan juga harus dilengkapi dengan pelajaran sopan santun (karakter) dalam masyarakat. Jadi dengan pendidikan jangan hanya menjadikan pintar, namun juga bisa membuat peserta didik menjadi sopan santun, taat terhadap Agama, hormat terhadap guru dan mengasihi orang tua. Seperti hal nya yang telah diterapkan pada kurikulum 2013.

Jadi, marilah kita semua bersatu membangun dunia pendidikan di Negara ini agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa.

Demikian pidato saya kali ini, bila ada salah kata saya minta maaf. Terima kasih.