Pidato Bahasa Indonesia Disini Saya Akan Berpidato Tentang

Assalamu`alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Alhamdulilahi robbil `alamin, wassolatu wassalamu`ala asyrofil anbiyai walmursalin wa`ala alihi wa ashabihi ajma`in. Asyhadu alla ilaha illalloh wahdahu la syarikalah wa asyhadu anna muhammadan`abduhu warosuluh. Amma ba`du.

Bapak guru yang saya hormati.

Teman-teman sekalian yang saya sayangi dan saya banggakan.

Disini saya akan berpidato tentang pentingnya membaca untuk masa depan. Di jaman globalisasi saat ini, tidak bisa kita hindari persaingan teknologi yang semakin canggih dan masa depan adalah perjalanan yang harus kita lalui dengan perbekalan yang sudah kita siapkan. Minat membaca pelajar saat ini sudah menurun, sangat di sayangkan. Padahal membaca sangat kita perlukan untuk menambah ilmu. Dengan banyak membaca berarti kita membuka jendela dunia, dengan membaca kita berarti melakukan hal positif untuk menghindari hal negatif, dan dengan membaca kita bisa memiliki masa depan yang cerah sesuai dengan apa yang kita mau. Membaca tidak akan pernah membuat kita rugi, orang lain akan banyak terbantu dengan pengetahuan yang kita miliki. Masa depan kita yang menentukan adalah diri kita sendiri bukan orang lain. Sungguh disayangkan apabila apabila waktu dan buku yang banyak sudah dibaca tidak dapat ditangkap oleh sistem kerja otak kita. Semua akan sia sia. Kita membuang waktu sedangkan waktu yang terbuang itu dapat diisi dengan berbagai aktivitas lain. Memang terkadang membaca membuat kita berfikir hanya sebagai sebuah hiburan semata. Tapi perlu diketahui hiburan tersebut adalah salah satu manfaat dari membaca. Mengisi waktu dengan membaca bukanlah hal yang mudah jika dilakukan bagi seorang pemula yang tidak suka membaca atau meluangkan waktunya untuk membaca. Terlebih lagi metode-metode pembelajaran pada saat ini yang tidak mengharuskan membaca sebagai sumber utamanya. Seperti contohnya bagi orang yang senang pada metode melihat atau mengandalkan panca indera yang utamanya adalah mata, pasti lebih senang dalam metode pembelajaran seperti berasalkan dari video-video yang berisikan tentang materi-materi pembelajaran atau dengan memperhatikan guru/dosen pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Tetapi setidaknya kita usahakan untuk membaca,selain membiasakan diri secara efisiensi waktu, tidak terlalu banyak waktu yang terbuang. Karena manfaat kita juga memperoleh manfaat yang banyak.

Sebagai langkah awal, salah satunya adalah dengan mensosialisasikan tentang manfaat membaca. Dengan membaca kita dapat melihat dunia ini tampak kecil. Dengan ilmu dan informasi informasi yang sudah diperoleh dari membaca, dapat menjadi cara mengatasi problematika kehidupan. Tak ada lagi yang dipermasalahkan. Hingga tuntutan ekonomi akan terpenuhi akibat dari orang orang yang sudah memperoleh ilmu tentang cara mengatasi ekonomi melalui membaca. Dan masih banyak lagi manfaat dari membaca. Yang perlu diingat bahwa membaca tak akan membuat kita rugi. Bahkan banyak sekali keuntungan yang diperoleh melalui membaca.

Oleh karena itu, jika kita semua peduli dengan masa depan mulailah membaca dari sekarang, karena dengan membaca kita membuka jendela dunia dan membuka banyak manfaat tidak untuk diri kita sendiri tapi juga untuk orang lain.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu`alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

NAMA: SHAYANA JUNITA

NPM : 2401101200943

KELAS : B1

FAKULTAS/JURUSAN: FTIP/TMIP