Teks Pidato Bahasa Indonesia Con Menulis

Menulis Teks Pidato

Ujian Praktik Bahasa Indonesia

Kelas IX TP 2012/2013

Nama : Risa Nur Fitria

Kelas : IX C

Nomor : 20

Topik : Pergaulan Remaja

Filterisasi terhadap Pergaulan Remaja

Assalammualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Ibu Sukinah, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia

Yang saya sayangi teman-teman kelas IX C

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmad dan karunia-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dengan selamat.

Perkenalkan nama saya Risa Nur Fitria siswi SMP N 12 Yogyakarta kelas IX C, akan menyampaikan pidato tentang Filterisasi Pergaulan Remaja.

Remaja adalah masa dimana kita sebenarnya dihadapkan akan banyak tantangan dan masalah. Diusia remaja segala hal negatif sebenarnya sangat dekat dengan kita. Disini kita dituntut untuk dapat memilih serta memilah-milah mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita. Jangan pernah salah dalam memilih, dan jangan asal-asalan dalam menentukan pilihan.

Pada masa remaja kita akan melewati banyak godaan serta iming-iming yang sejatinya hanya akan menjerumuskan kita kedalam lembah yang sangat berbahaya. Mari senantiasa membuka diri dan waspada akan setiap hal buruk yang mengintai dibelakang kita.

Pergaulan merupakan salah satu bagian dari perjalanan kita sebagai remaja yang harus selalu kita perhatikan. Kesalahan dalam bergaul akan mengakibatkan kita terjatuh, dan memupus semua harapan kita. Kita harus mampu mempertahankan apa yang menjadi impian kita walaupun banyak hal yang membelokkan kita.

Remaja harus selalu berprilaku sehat. Hindari cara bergaul dengan orang yang salah. Tidak semua dari apa yang kita lihat dan ditawarkan kepada kita baik untuk kita. Amalkan pola hidup dan cara berfikir yang sehat agar kita terus bisa berada pada jalan yang tepat. Banyak hal yang bisa menjerumuskan kita kedalam sebuah kondisi yang sangat buruk, salah satunya adalah pergaulan yang salah.

Bagaimana semestinya kita dalam bergaul? Bagaimana etika pergaulan yang harus selalu kita jaga? Pergaulan harus dapat kita batasi guna selalu dapat membedakan mana yang diluar batas dan mana yang masih terlihat pantas. Jangan membiarkan diri kita larut dalam buaian kenakalan. Jangan menjadikan diri kita pasrah akan perilaku yang menyimpang. Mari terus membuka mata hati kita bahwa tidak semua dari apa yang kita lihat pantas untuk kita sentuh.

Sebagai remaja yang baik yang menjadi harapan bagi orangtua serta bangsa marilah kita terus berupaya untuk menghindarkan diri dari sederet tindakan bermasalah. Mari senantiasa memberikan prioritas terhadap cara bergaul yang baik, karena ini bagian dari kiat awal kita untuk menggapai impian kita.

Mari kita melakukan instropeksi diri, sudahkah kita menjadi remaja yang baik. Sudahkan kita bergaul dengan tata cara serta etika yang baik. Sudahkah kita menjadi remaja sesuai dengan ekspektasi orangtua.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Kita sebagai remaja yang mempunyai masa depan yang panjang harus memilih pergaulan yang baik agar dapat mencapai harapan kita. Semoga sedikit kata yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini mampu memberikan manfaat bagi para remaja khususnya, pemuda dan pemudi harapan bangsa. Semoga kami selaku remaja yang menjadi harapan bagi orangtua selalu mampu menjaga akhlak kami dan terhindar dari hal-hal negatif seperti halnya salah dalam melakukan pergaulan. Terima kasih atas perhatian saudara, mohon maaf bila ada salah kata.

Wassalammualaikum Wr. Wb.